Mipo O

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

 Mipo O
Lahir14 Maret 1977 (umur 47)
Iga, Mie, Jepang
PekerjaanSutradara Film, Penulis Latar

Mipo O (呉 美保, O Mipo, kelahiran 3 Maret 1977) adalah seorang sutradara film, penulis latar, dan sutradara komersial Jepang. Namanya juga diromanisasikan menjadi Mipo Oh.

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari Departemen Perencanaan Konsep Visual Universitas Seni Rupa Osaka, O mulai bekerja sebagai seorang penulis latar di bawah pengarahan sutradara Nobuhiko Obayashi.[1] Ia kemudian memutuskan untuk menjadi sutradara, dan film pendek ketiganya Eye memenangkan sebuah penghargaan di Festival Film Short Shorts pada 2002, sementara film pendeknya Grandmother memenangkan grand prize dalam kategori Digital Shorts pada Festival Film Fantastik Internasional Tokyo.[1] Pada 2005, ia menulis permainan latar berjangka fitur pertamanya, The Sakai’s Happiness, yang memenangkan Penghargaan Pembuat Film Internasional Sundance/NHK, dan pada tahun berikutnya, ia menyutradara film berjangka fitur pertamanya yang berdasarkan pada permainan latar film tersebut.[1] Pada 2010, ia menulis dan menyutradarai Here Comes the Bride, My Mom!, yang ditayangkan di Festival Film Internasional Busan dan mendapatkan grand prize pada Penghargaan Kaneto Shindo, yang memberikan penghargaan kepada sutradara-sutradara terkenal dari sebuah komite produser Jepang.[2] Ia memenangkan penghargaan sutradara terbaik di Festival Film Dunia Montreal untuk The Light Shines Only There,[3] yang juga dinominasikan menjadi entri Jepang pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.[4] Film berikutnya, You Are a Good Kid, di mana ia menjadi satu tim lagi dengan produser dan penulis latar The Light Shines Only There, dirilis pada 2015. Selain film, ia juga menulis dan menyutradarai iklan-iklan dan episode-episode untuk acara televisi.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia adalah orang Korea-Jepang generasi ketiga.[1]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "「酒井家のしあわせ」で監督デビューの在日3世 呉美保さん". Mindan (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-05. Diakses tanggal 26 November 2014. 
  2. ^ "98歳・新藤兼人監督が若手を激励「頑張るにはいい年頃だ」". Oricon (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 November 2014. 
  3. ^ "AWARDS OF THE WORLD FILM FESTIVAL - MONTREAL 2014". World Film Festival. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 26 November 2014. 
  4. ^ Blair, Gavin. "Oscars: Japan Nominates 'The Light Shines Only There' in Foreign-Language Category". Hollywood Reporter. Diakses tanggal 26 November 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]