Minnesang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Walther von der Vogelweide (Kodeks Manesse, sekitar tahun 1300)

Minnesang (Jerman: [ˈmɪnəˌzaŋ], "lagu cinta") adalah tradisi penulisan lirik dan lagu di Jerman yang berkembang pada periode Jerman Hulu Pertengahan dari abad ke-12 hingga ke-14. Orang yang menulis dan menyanyikan Minnesang dikenal dengan sebutan Minnesänger (Jerman: [ˈmɪnəˌzɛŋɐ]), sementara lagunya disebut Minnelied.

Nama "Minnesang" berasal dari kata dalam bahasa Jerman Hulu Pertengahan, minne, yang berarti "cinta". Cinta merupakan subjek utama Minnesang. Minnesänger memiliki kemiripan dengan troubadour di Occitania dan trouvère di Prancis utara karena mereka semua sama-sama menulis puisi cinta dalam tradisi cinta istana pada abad pertengahan.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Penulis puisi cinta ini tidak diketahui, tetapi ditemukan di sebuah kodeks Latin dari abad ke-12 yang berasal dari Biara Tegernsee.

Jerman Hulu Pertengahan Jerman Modern Indonesia

Dû bist mîn, ich bin dîn:
des solt dû gewis sîn.
dû bist beslozzen
in mînem herzen.
verlorn ist das slüzzelîn:
dû muost immer drinne sîn!

Du bist mein, ich bin dein:
des(sen) sollst du gewiss sein.
Du bist verschlossen
in meinem Herzen.
Verloren ist das Schlüsselein:
du musst immer darin sein!

Kamu milikku, aku milikmu
Kamu boleh yakin akan hal itu.
Kamu terkunci
di dalam hatiku.
Tersesat adalah kuncinya:
kamu pasti selalu di dalamnya!

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Olive Sayce, The medieval German lyric, 1150-1300: the development of its themes and forms in their European context (Oxford University Press, 1982) ISBN 0-19-815772-X
  • Ronald J. Taylor, The Art of the Minnesinger. Songs of the thirteenth century transcribed and edited with textual and musical commentaries (University of Wales Press, 2 vols., 1968)
  • Alwin Schultz, Das höfische Leben zur Zeit der Minnesinger (“Court life at the time of the Minnesinger,” 2 vols., 1889)
  • Barbara Garvey Seagrave and Wesley Thomas, The Songs of the Minnesingers. Includes LP record that presents songs of many of the principal minnesingers, with instruments of the period accompanying the vocalists (University of Illinois Press, 1966)