Milton S. Hershey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Milton S. Hershey

Milton Snavely Hershey (13 September 185713 Oktober 1945) adalah pengusaha Amerika Serikat dan seorang filantropis. Pendiri perusahaan cokelat The Hershey Company dan kota "pabrik cokelat" Hershey, Pennsylvania.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Hershey lahir di peternakan dekat Derry Church, Pennsylvania, sebagai anak satu-satunya pasangan Henry and Fanny Hershey. Kedua orang tuanya sering berpindah-pindah, sehingga ia putus sekolah sewaktu duduk di kelas empat sekolah dasar. Ayahnya menginginkannya untuk magang di sebuah percetakan di Lancaster, Pennsylvania. Namun Hershey tidak berminat pada bidang percetakan, dan memilih untuk bekerja di pabrik permen. Dengan pengalaman di pabrik permen selama 4 tahun, Hershey pada tahun 1876 mendirikan toko permen M.S. Hershey, Wholesale and Retail Confectioner. Toko tersebut hanya bertahan selama 6 tahun, dan dijual pada tahun 1882. Setelah magang di toko permen karamel di Denver, Colorado, Hershey membuka usaha sendiri di Chicago dan New York. Usaha permen yang beberapa kali gagal tersebut modalnya berasal dari keluarga ibunya yang penganut Gereja Reformed Mennonite.

Mendirikan perusahaan karamel[sunting | sunting sumber]

Sekembalinya di Lancaster pada tahun 1883, Hershey mendirikan perusahaan permen karamel bernama Lancaster Caramel Company yang membuatnya terkenal sebagai pembuat permen karamel ternama. Sewaktu mengunjungi World Expo di Chicago tahun 1893 (World's Columbian Exposition), Hershey terkesan dengan mesin pembuat coklat produksi Jerman yang dipamerkan di sana. Mesin tersebut dibelinya dan digunakannya pabriknya di Lancester untuk membuat berbagai macam variasi permen cokelat. Walaupun perusahaan yang dirintisnya sudah sukses, Hershey memutuskan untuk menjual Lancaster Caramel Company seharga satu juta dolar. Alasannya, bisnis permen cokelat menurutnya lebih menjanjikan dibandingkan bisnis permen karamel.

Cokelat Hershey[sunting | sunting sumber]

Bermodalkan uang penjualan pabrik, Hershey membeli tanah kosong seluas 160 km² di utara Lancaster yang bertetangga dengan kota kelahirannya di Derry Church. Di lokasi tersebut, Hershey ingin membangun parik cokelat yang memproduksi permen cokelat susu (milk chocolate). Kebetulan lokasi yang dipilihnya ideal bagi pabrik cokelat karena pasokan susu segar dalam jumlah banyak bisa didapatkannya di sana. Hershey melihat potensi bisnis cokelat susu yang cerah. Pada waktu itu, cokelat susu masih merupakan barang mewah yang diimpor dari Swiss. Hershey bersikeras untuk mengembangkan resep permen cokelat susu sendiri yang disenangi publik Amerika. Setelah beberapa kali mencoba dan gagal, resep permen cokelat susu ala Hershey akhirnya tercipta. Pada tahun 1903, pabrik cokelat Hershey mulai dibangun dengan ambisi menjadi pabrik cokelat terbesar di dunia. Pabrik cokelat Hershey selesai dibangun tahun 1905, dan dilengkapi dengan teknik produksi permen cokelat secara massal.

Pabrik cokelat Hershey ada di tengah-tengah daerah peternakan, sehingga Hershey merasa perlu membangun infrastruktur seperti transportasi, perumahan, toko-toko, dan gereja di sekeliling pabrik. Sementara itu, Hershey terus bereksperimen dan menyempurnakan proses pembuatan cokelat susu dengan meminjam teknik yang pernah dipelajarinya sewaktu membuat permen karamel.

Milton S. Hershey, 88 tahun, meninggal dunia pada 13 Oktober 1945 di Rumah Sakit Hershey.

Kota Hershey[sunting | sunting sumber]

Hershey berangan-angan membangun kota mandiri di sekeliling pabrik bagi karyawannya, lengkap dengan perumahan yang nyaman, sistem angkutan dengan tarif terjangkau, sekolah berkualitas, serta tempat rekreasi dan kegiatan kebudayaan. Ia tidak senang dengan kota di sekeliling pabrik dengan deretan rumah sederhana. Hershey ingin membangun kota dengan jalan-jalan yang dilengkapi pohon peneduh, dan rumah-rumah yang kokoh dari batu bata berikut halamannya. Rekreasi juga dianggap penting, sehingga dibangunnya taman bermain HersheyPark yang dibuka 24 April 1907. Taman tersebut berkembang pesat hanya dalam beberapa tahun. Setelah dilengkapi dengan wahana permainan, kolam renang, dan aula dansa, pengunjung dari luar kota pun mulai berdatangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Brenner, Joel Glenn (2000). The Emperors of Chocolate: Inside the Secret World of Hershey & Mars. Broadway Books. ISBN 0-7679-0457-5. 
  • D'Antonio, Michael (2006). Hershey: Milton S. Hershey's Extraordinary Life of Wealth, Empire, and Utopian Dreams, Simon & Schuster. ISBN 0-7432-6409-6

Pranala luar[sunting | sunting sumber]