Militer Mesir kuno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kereta perang Mesir kuno

Mesir kuno adalah peradaban kuno di Afrika Utara bagian timur, berpusat di sungai Nil di tempat yang kini menjadi negara Mesir modern.[1]

Gurun yang luas di daerah Mesir menjadi penghalang yang melindungi lembah sungai dan membuat Mesir kuno sulit diserang oleh pasukan besar. Orang Mesir kuno membangun benteng dan pos jaga di sepanjang perbatasan timur dan barat Delta Nil, di Gurun Timur, dan di Nubia di sebelah selatan. Garnisun kecil dapat mencegah gangguan kecil, namun jika ada ancaman serangan pasukan besar maka pesan akan langsung dikirim ke korps pasukan utama. Sebagian besar kota di Mesir kuno tidak dilengkapi dinding pertahanan atau bentuk perlindungan lainnya. Pasukan Mesir melemahkan musuh mereka menggunakan senjata proyektil kecil seperti busur dan panah. Pasukan Mesir juga menggunakan kereta perang untuk menyerang musuh.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Only after 664 BC are dates secure. See Egyptian chronology for details. "Chronology". Digital Egypt for Universities, University College London. Diakses 2008-03-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]