Michael Dell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Michael Dell
Michael Dell, founder, chairman and CEO of Dell
Lahir 23 Februari 1965 (umur 49)
Houston, Texas, U.S.
Tempat tinggal Austin, Texas
Suku Jewish
Almamater University of Texas at Austin
(dropped out)
Pekerjaan Chairman & CEO of Dell
Kekayaan bersih US$15.9 billion (2012)[1]
Pasangan Susan Dell
Anak 4
Michael Dell

Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell, Inc Dia menciptakan salah satu perusahaan komputer yang paling menguntungkan di dunia dengan penjualan tahunan sampai $ 50 miliar dolar Amerika. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $ 18 miliar.

Michael Saul Dell dilahirkan pada tanggal 23 Februari 1965 di Houston ke ortodontis ayah dan ibu yang bekerja sebagai manajer uang. Dell tertarik pada komputer dari usia yang sangat muda dan sudah menarik mereka terpisah pada usia 15. Dia kuliah di University of Texas dengan harapan untuk menjadi dokter namun studi ditinggalkan untuk memulai usaha sendiri di baru 19 tahun.

Dengan hanya satu ribu dolar di saku Dell mulai "PC's Limited" pada tahun 1984. Dari asrama universitas kamarnya Dell mulai membangun dan menjual komputer pribadi dari komputer bagian saham. Ide yang mengatur pengusaha muda terpisah dari orang lain adalah menjual langsung kepada pelanggan, bukan melalui pihak ketiga untuk menjual produknya.

PC's Limited memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan komputer mereka sebelum kustom dibangun untuk spesifikasinya. Harga dapat disimpan juga jauh lebih rendah daripada kompetisi Limited PC karena mereka tidak memiliki toko untuk mempertahankan atau perantara untuk membayar komisi kepada. Semua komputer yang dijual langsung kepada pelanggan dengan menggunakan formulir pemesanan, pesanan telepon, dan sekarang pesanan Internet.

Pada tahun 1988 PC's Limited memiliki berubah nama menjadi "Dell Computer Corporation" dan memiliki penawaran umum perdana (IPO) yang menghargai perusahaan di sekitar $ 80 juta. Pada tahun 1992 Dell Computer Corporation yang terdaftar di daftar Fortune 500 dari lima ratus perusahaan terbesar di dunia, membuat Michael Dell CEO termuda yang pernah memimpin sebuah perusahaan Fortune 500.

Perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara dramatis dari tahun ke tahun, akhirnya menjual lebih banyak komputer di Amerika Serikat daripada perusahaan PC lainnya (termasuk Compaq).

"Dell Computer Corporation" menjadi "Dell Inc" saat mereka pindah ke wilayah bisnis. Dell Inc sekarang memiliki berbagai produk yang termasuk memperluas sistem hiburan rumah dan perangkat pribadi.

Michael telah menerbitkan bukunya sebagian otobiografi "langsung Dell Dari: Strategi Itu sebuah revolusi Industri". Buku ini ditulis dalam gaya, menghibur cepat tanggung yang menjelaskan bagaimana Dell berbalik perusahaannya senilai $ 1.000 ke mega-korporasi lebih dari $ 100 miliar.

Dell mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO di Dell Inc pada tahun 2004 tetapi tetap menjadi Ketua Dewan.

Michael Dell menggunakan sebagian dari kekayaan yang besar untuk kegiatan amal, dan telah memulai "Michael dan Susan Dell Foundation" dengan istrinya Susan. Organisasi ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kehidupan anak-anak di Amerika Serikat maupun internasional. Sebuah surat dari Susan dan Michael Dell menyatakan bahwa peran yayasan ini adalah untuk fokus pada "pendidikan yang berkualitas .. dan kesehatan yang baik bagi anak-anak Kami menyadari bahwa masalah tersebut secara langsung terhubung.. Jika anak-anak memiliki sarana yang diperlukan untuk merawat mereka badan dan pikiran sekarang, potensi untuk sukses di masa mendatang sangat meningkat. "

Dell Keluarga tinggal di salah satu rumah terbesar di Austin, Texas dan telah dilaporkan 15 rumah terbesar di dunia.

Awal kehidupan dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Bin ortodontis sebuah dan pialang saham, Dell dihadiri Herodes SD di Houston, Texas. Dalam tawaran untuk memasuki bisnis awal, ia diterapkan untuk mengambil ujian persamaan sekolah tinggi pada usia delapan tahun. Pada remaja awal, dia menginvestasikan penghasilannya dari pekerjaan paruh waktu di saham dan logam mulia.

Dell membeli kalkulator pertama pada usia tujuh dan bertemu mesin teletype yang pertama di SMP, yang diprogram setelah sekolah. Pada usia 15, setelah bermain dengan komputer di Radio Shack, dia punya komputer pertamanya, sebuah Apple II, yang segera dibongkar untuk melihat cara kerjanya Dell. Menghadiri Memorial High School di Houston menjual langganan di Houston Post musim panas. Dalam membuat panggilan dingin, Dell mengamati bahwa pengantin baru dan orang-orang pindah ke rumah baru yang sangat mungkin untuk membeli berlangganan. Dia ditargetkan grup ini demografis dengan nama yang dikumpulkan dari perkawinan dan aplikasi hipotek. Dell mendapatkan $ 18.000 tahun itu, melebihi pendapatan tahunan sejarah dan guru ekonomi.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sementara seorang mahasiswa kedokteran di University of Texas di Austin, Dell memulai usaha informal upgrade komputer di ruang 2713 gedung perumahan Dobie Center. Dia kemudian diaplikasikan pada lisensi vendor untuk tawaran kontrak untuk negara bagian Texas, memenangkan tawaran dengan tidak memiliki arti dari sebuah toko komputer.

Pada bulan Januari 1984, Dell kurang yakin pada keyakinan bahwa potensi penghematan biaya dari produsen menjual PC langsung telah keunggulan besar atas saluran eceran konvensional tidak langsung. Pada bulan Januari 1984, perusahaan Dell terdaftar sebagai "PC's Limited". Beroperasi dari kondominium, bisnis dijual antara $ 50.000 dan $ 80.000 di upgrade PC, peralatan, dan add-on komponen. Pada bulan Mei, Dell dimasukkan perusahaan sebagai "Dell Computer Corporation" dan pindah ke pusat bisnis di North Austin. Perusahaan ini mempekerjakan pengambil order, beberapa orang lagi untuk memenuhi mereka, dan, sebagai kenang Dell, staf manufaktur "yang terdiri dari tiga orang yang duduk di meja obeng enam kaki." kapitalisasi biaya tersebut usaha adalah $ 1.000.

Pada tahun 1992, di usia 27 tahun, Dell menjadi CEO termuda yang memiliki perusahaan-nya peringkat dalam daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan teratas. Pada tahun 1996, Dell mulai menjual komputer melalui Web, tahun yang sama perusahaan itu meluncurkan pertama server. Dell Inc segera melaporkan sekitar $ 1 juta dalam penjualan per hari dari dell.com. Pada kuartal pertama tahun 2001, Dell Inc meraih pangsa pasar dunia 12,8 persen, melewati Compaq untuk menjadi pembuat PC terbesar di dunia. Metrik menandai pertama kalinya peringkat telah bergeser selama tujuh tahun sebelumnya. pengiriman gabungan perusahaan dari desktop, notebook dan server di seluruh dunia tumbuh 34,3 persen dan 30,7 persen di Amerika Serikat pada saat penjualan pesaing menjadi sempit.

Pada 1998, Dell didirikan MSD Capital secara eksklusif LP untuk mengelola investasinya keluarga dan itu. kegiatan Investasi termasuk surat berharga yang diperdagangkan secara publik, kegiatan ekuitas swasta, dan real estat. Perusahaan ini mempekerjakan 80 orang dan memiliki kantor di New York, Santa Monica dan London. Dell tidak terlibat dalam operasi sehari-hari.

Pada pidato di hadapan Detroit Economic Club pada bulan November 1999, Dell mendefinisikan "3 C" e-commerce (isi, perdagangan, dan masyarakat) sambil mengartikulasikan strategi untuk menawarkan pengalaman pelanggan online yang superior.

Pada tanggal 4 Maret 2004, Dell mengundurkan diri sebagai CEO Dell Inc tetapi tetap sebagai ketua dewan, sementara Kevin B. Rollins, kemudian Presiden dan COO, menjadi presiden dan CEO. Pada tanggal 31 Januari 2007, Dell kembali sebagai CEO menggantikan Rollins.

Dalam mantra kedua sebagai chief executive, Michael Dell memiliki dua tujuan utama. Yang pertama adalah untuk memicu gaya kepemimpinan yang lebih inklusif dalam upaya untuk menghidupkan kembali kerja. Dell menciptakan sebuah dewan kepemimpinan dan berhati-hati untuk mendelegasikan keputusan lebih kepada tim eksekutifnya kedua kalinya. gol kedua adalah untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan lebih terbuka. Selanjutnya, Dell ideastorm.com didirikan, website komunitas pengguna Dell yang dipimpin.

Penghargaan untuk Dell meliputi: "Pengusaha Terbaik" (pada usia 24) dari majalah Inc [19]; CEO "Top di Amerika Bisnis" dari majalah Worth; "CEO Tahun" dari Keuangan Dunia, Industri Minggu dan Chief Executive majalah. Dell melayani di Dewan Yayasan Forum Ekonomi Dunia, komite eksekutif dari International Business Council, Dewan Bisnis Amerika Serikat, dan pengurus Indian School of Business di Hyderabad, India. Sebelumnya menjabat sebagai anggota Presiden AS Dewan Penasehat pada Sains dan Teknologi.

Tulisan[sunting | sunting sumber]

1999 buku Dell, langsung dari Dell: Strategi Itu merevolusi industri, merupakan akun kehidupan awal, mendirikan perusahaannya, pertumbuhan dan salah langkah, serta pelajaran. Buku ini ditulis dengan kolaborasi dengan Catherine Fredman. [Sunting] Kekayaan dan kehidupan pribadi

Pada 2010, Forbes memperkirakan nilai bersih Dell di $ 13,5 miliar.

Dell berada di Austin, Texas bersama istrinya, Susan, dan empat anak mereka.

Filantropi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999, Michael Dell dan Susan mendirikan Michael dan Susan Dell Foundation, yang berfokus pada menyebabkan anak-anak. Pada 2010, yayasan ini telah melakukan lebih dari $ 530 juta untuk membantu organisasi nirlaba yang melayani masyarakat perkotaan di Amerika Serikat dan India [25] Pada tanggal 15 Mei 2006, University of Texas di Austin. Mengumumkan dana $ 50 juta dari Michael dan Susan Dell Foundation untuk "membawa keunggulan dalam kesehatan anak-anak dan pendidikan ke Austin". Bantuan tersebut akan memungkinkan pembangunan fasilitas baru di tiga universitas. Yang pertama adalah Dell Pediatric Research Institute yang diharapkan untuk melengkapi Dell baru Children's Medical Center terdekat. Yang kedua adalah ilmu bangunan komputer baru di kampus UT bernama Dell Ilmu Komputer Hall. Yang ketiga adalah Michael Dell dan Susan Pusat Kemajuan Hidup Sehat, yang dimaksudkan untuk menangani masalah-masalah yang memengaruhi perkembangan anak yang sehat. [26]

Pada tahun 2002, Dell menerima gelar Doktor Kehormatan dalam Ilmu Ekonomi dari University of Limerick, untuk menghormati investasinya di Irlandia dan masyarakat setempat bersama dengan dukungannya terhadap inisiatif pendidikan. [27]

Kontribusi politik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, Susan dan Michael Dell adalah antara 53 perusahaan yang masing-masing menyumbang $ 250.000 (sumbangan legal maksimum) untuk peresmian kedua Presiden George W. Bush. [28]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Michael Dell profile". World's Billionaires. Forbes. Diakses 23 March 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]