Mi Tarempa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mi Tarempa adalah kuliner khas masyarakat di Kepulauan Riau khususnya masyarakat Tarempa, Kabupaten Anambas. Mi ini mirip dengan mi telur yang berwarna kuning dan berbentuk pipih. Selain menjadi kesukaan di tempat asalnya, Mi Tarempa juga menjadi makanan populer di Tanjung Pinang dan Batam yang dijual di kedai makanan dan kopitiam [1]. Sekilas mi ini terlihat seperti Mi Aceh dari segi tammpilan dan rasa.

Ciri khas dari Mie Tarempa adalah rasa mi-nya yang asam dan manis sekaligus. Rasa ini berasal dari cabai dan gurihnya ikan Tongkol. Selain itu, mie ini juga disajikan dengan suwiran ikan Tongkol yang sudah dimasak berbumbu. Mi ini biasanya disajikan bersama kecambah dan telur juga akan disajikan dengan acar hijau [2].

Variasi[sunting | sunting sumber]

Mie tarempa biasanya disajikan dalam 2 macam variasi: kering dan basah. Pada dasarnya, mie-tarempa yang otentik adalah varian yang kering. Penambahan kuah hanya untuk variasi rasa dan tekstur saja. Rasa antara Mie Tarempa kering dan basah tidak banyak berbeda satu sama lain, tergantung selera tiap pengunjung ingin menikmati Mie Tarempa yang seperti apa. Disamping itu, topping mie-nya pun kini sudah bervariasi. Pada awalnya, Mie Tarempa hanya menggunakan potongan ikan tongkol. Namun sekarang banyak pembuat Mie Tarempa yang juga menambahkan topping seafood dan daging sapi.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Arman, Dedi (14 Mei 2019). "Mie Tarempa Ada Dimana Mana". Kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 14 February 2022. 
  2. ^ Khairunnisa, Syifa Nuri (27 November 2019). F., Ni Luh Made Pertiwi, ed. "Mie Tarempa Khas Kepulauan Riau, Sensasi Asam Manis Pedas". Kompas.com. Diakses tanggal 14 February 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]