Mesin Z

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mesin Z adalah generator sinar-X terbesar di dunia dan dirancang untuk mengetes material dalam kondisi suhu dan tekanan ekstrem. Mesin ini dioperasikan oleh Sandia National Laboratories untuk mengumpulkan data untuk membantu dalam pemodelan komputer dari senjata nuklir.

Mesin ini beroperasi dengan melepaskan pulsa listrik dan medan magnetik yang berhubungan. Energi dari sebuah pelepasan muatan listrik sebesar 20 juta amper menguapkan sekelompok kabel tungsten tipis dan sebuah medan magnetik yang kuat menghancurkan plasma. Plasma yang hancur memproduksi sinar-X yang menciptakan gelombang shock pada material yang dites. Fluktuasi yang kuat dalam medan magnetik (atau pulsa elektromagnetik) juga menghasilkan arus listrik di seluruh objek logam dalam ruangan.

Dia mendapat namanya dari arus yang berjalan secara vertikal menuju target, yang biasanya adalah axis z (x dan y horizontal, lihat Z-pinch).

Awalnya dirancang untuk menyediakan listrik sebesar 50 terawatt dalam satu pulsa yang cepat, kemajuan teknologi mengijinkan peningkatan sampai 290 terawatt, cukup untuk mempelajari fusi nuklir. Z melepas 80 kali penggunaan listrik dunia untuk beberapa sepertriliun detik. Namun, hanya jumlah kecil listrik yang dikonsumsi untuk setiap tes (sama dengan penggunaan listrik untuk 100 rumah selama dua menit). Generator Marx diberi muatan secara perlahan dengan energi sebelum ditembakkan.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]