Meriam atom M65

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Awan jamur Grable dengan meriam atom di latar depan

Meriam atom M65, yang sering disebut "Atomic Annie", adalah bagian artileri yang dapat ditarik yang dibangun oleh Amerika Serikat dan mampu menembakkan perangkat nuklir.

Senjata ini dikembangkan pada awal 1950-an, pada awal Perang Dingin, dan diterjunkan pada tahun 1953, di Eropa dan Korea Selatan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Senjata ini membutuhkan 2 unit traktor yang dirancang khusus untuk membawa meriam raksasa ini. Ukuran kepala bom atom (warhead) pernah di uji coba di gurun Nevada. Tidak lebih dari 20 unit meriam jenis ini dibuat. Satu peluru memiliki daya rusak setara kekuatan 15k TNT, ledakannya membuat efek jamur seperti bom atom. Termasuk gelombang kejut yang kuat untuk menghancurkan di radius ledakan.

Peluru yang dilontarkan hanya mampu menjangkau jarak 11 km (walau menurut spesifikasi dapat menjangkau jarak 20 km). Peluru bom atom ini tidak bisa dilontarkan jauh karena terlalu berat. Tembakan bom ini tidak perlu akurasi karena tidak terlalu penting. Bila peluru yang dilontarkan jatuh di depan pasukan musuh. Dijamin pasukan di belakang tidak akan berani maju. Karena efek ledakan akan melebar layaknya sebuah bom atom yang diledakan diatas tanah. Melenceng 1–2 km tidak berpengaruh terhadap area ledakan.

Bila suatu daerah terkena ledakan peluru ini, disekitarnya dipastikan hancur terkena gelombang kejut ledakan bom atom. Semua terdorong beberapa meter terkena gelombang kejut.

Referensi[sunting | sunting sumber]