Meoto Iwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Meoto Iwa
Meoto Iwa saat air laut surut.

Meoto Iwa (夫婦岩?) adalah sepasang batu besar di pantai Futami, Mie, Jepang. Keduanya dihubungkan oleh sebuah shimenawa (tambang besar dari jalinan jerami) dan dianggap keramat oleh umat Shinto di sekitar Kuil Futami Okitama (二見興玉神社 Futami Okitama Jinja?). Menurut kepercayaan Shinto, kedua batu tersebut melambangkan persatuan dua leluhur kami, Izanagi dan Izanami. Maka dari itu batu tersebut diperlakukan layaknya dua mempelai manusia. Talinya, yang beratnya melebihi satu ton, harus diganti bebeberapa kali dalam setahun dalam suatu upacara istimewa. Batu yang lebih besar—dikatakan sebagai mempelai prianya—memiliki sebuah torii di puncaknya.

Waktu yang baik untuk menyaksikan batu tersebut adalah saat fajar di musim panas, ketika matahari tampak bersinar di antara keduanya. Gunung Fuji juga tampak di kejauhan. Saat air laut surut, kedua batu tersebut tampak tidak terpisah oleh air.

Kuil Okitama didedikasikan kepada Miketsu, dewi pangan. Ada banyak patung katak di sekeliling kuil. Kuil beserta kedua batu tersebut berada di dekat kuil Ise, tempat terpenting dalam agama Shinto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 34°30′34″LU 136°47′18″BT / 34,50944°LU 136,78833°BT / 34.50944; 136.78833