Meng Da

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Meng Da (meninggal 227) adalah jendral yang melayani Liu Zhang (raja perang), Liu Bei, Cao Pi dan Cao Rui selama periode akhir Dinasti Han dan Tiga Kerajaan. Meng Da memilih kesetiaannya kepada Liu Bei ketika masuk kedalam Shu.

Ketika Liu Bei diundang ke Shu oleh Liu Zhang, Meng Da dan Fa Zheng ditugaskan dengan 2000 tentara untuk menemaninya. Liu Bei memerintahkan Meng Da memimpin tentara tersebut ke Jiangling. Saat pasifikasi Shu, ia menjadi gubernur ibukota.

Pada tahun 219, Meng Da dikirim ke utara untuk merebut kota Fangling. Kuai Qi, Gubernur Fangling, kalah dan terbunuh. Meng Da maju menguasai kota Shangyong, dengan Liu Feng memimpin bantuan dari Mianshui. Sehn Dan, gubernur Shangyong, menyerah.

Pada tahun yang sama, Guan Yu terlibat dalam pertempuran melawan Wu dan Cao Wei. Permintaan bantuan militer dikirim ke Liu Feng dan Meng Da di Yishan. Mereka menolak dengan alasan Yishan mulai dikepung, dan tentara tidak dapat dikirim.

Ketika Guan Yu kalah dan Liu Bei mendengar berita kematiannya, ia mulai membenci Liu Feng dan Meng Da. Pada saat ini keduanya juga sedang bercekcok. Meng Da, takut akan hukuman dan dibenci oleh Liu Feng, berkhianat ke Wei. Setelah itu ia mengirim surat ke Liu Feng memintanya juga menyerah kepada Way. Liu Feng tidak mendengarkannya, dan dieksekusi karena gagal membantu Guan Yu dan menghentikan Meng Da berkhianat.

Pada tahun 227, Zhuge Liang melancarkan kampanye ke Wei. Meng Da yang diperlakukan dengan baik oleh Cao Pi, tetapi kurang diterima oleh Cao Rui, dibujuk untuk kembali melayani Shu dan membantu menyerang Luoyang. Namun, kegagalan Mengda membuatnya kalah dan meninggal di tangan Sima Yi.

Referensi[sunting | sunting sumber]