Menara Televisi Žižkov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menara dengan pahatan-pahatan bayi merangkak

Menara Televisi Žižkov merupakan pusat perhatian di Praha, ibukota Ceko. Menara ini dibangun antara 1985 dan 1992. Menara yang menjulang di angkasa kota Praha ini berada di distrik Zizkov, yang merupakan asal mula nama menara itu.

Struktur disain menara sangat tidak konvensional, terdiri dari tiga pilar beton utama, yang menyangga pemancar, restoran, kafe dan tiga ruang pengamatan. Tinggi menara 216 m, dengan ruang pengamatan berada pada ketinggian 100 m serta restoran dan kafe pada ketinggian 63 m. Menara ini memiliki lift yang berkecepatan 4 m/s, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perjalanan ke atas menara setinggi itu. Menara yang memiliki berat sekitar 11.800 ton ini digunakan juga sebagai observatorium meteorologi.

Seperti layaknya arsitektur pada masa komunis di Eropa Tengah dan Timur, pembangunan menara ini mendapatkan berbagai kecaman dari masyarakat lokal. Walaupun sangatlah jarang sebuah kritik resmi diumumkan pada era komunis, namun menara ini mendapatkan kritik yang tidak resmi karena sifat megalomania dan karena penghancuran sebagian kuburan orang Yahudi (termasuk kuburan Franz Kafka) dekat pondasi menara. Meskipun demikian, pembangun menyebutkan bahwa kuburan tersebut dipindahkan beberapa waktu sebelum pembangunan menara dimulai.

Desas desus mengatakan juga bahwa menara itu digunakan untuk mengacaukan transmisi radio dari barat (khususnya Radio Eropa Merdeka atau sebagai menara komunikasi yang digunakan kekuatan Pakta Warsawa dalam setiap serangan terhadap NATO.

Pada tahun 2000, seorang seniman Ceko David Černý membuat pahatan-pahatan bayi yang sedang merangkak naik dan turun yang dipasang sementara di pilar-pilar menara. Tahun 2001 pahatan-pahatan tersebut dibuat secara permanen.

Menara TV Žižkov mendominasi angkasa

Lokasi menara: 50°04′51″N, 14°27′05″E

Pranala luar[sunting | sunting sumber]