Menara Bayangkan Perdamaian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

64°9′47.66″N 21°51′34.08″W / 64.1632389°N 21.8594667°W / 64.1632389; -21.8594667

Menara Bayangkan Perdamaian (bahasa Inggris: Imagine Peace Tower; bahasa Islandia: Friðarsúlan yang berarti "pilar perdamaian") adalah monumen perdamaian yang berada di Pulau Viðey, lepas pantai Reykjavík, Islandia. Monumen didirikan Yoko Ono untuk mendiang suaminya, John Lennon. Cahaya memancar ke langit dari lampu sorot yang berada di dalam Sumur Permintaan ("Wishing Well") berbentuk lingkaran dari keramik Neoparie berwarna putih. Permukaan dinding luar Sumur Permintaan diukir pesan "Imagine Peace" ("Bayangkan Perdamaian") dalam 24 bahasa di dunia. Pesan dan nama monumen berasal dari lagu "Imagine" dari John Lennon yang telah menjadi himne perdamaian dunia.

Pesan "Imagine Peace"

Di bawah landasan monumen dikubur lebih dari 500.000 pesan tertulis yang dikumpulkan Yoko Ono selama bertahun-tahun dalam proyek lain yang disebut "Pohon Permintaan" (Wishing Tree). Menurut rencana, lampu sorot menara akan dinyalakan setahun sekali dari tanggal 9 Oktober (hari ulang tahun Lennon) hingga 8 Desember (hari wafatnya John Lennon). Selain itu, lampu sorot menara akan dinyalakan pada malam tahun baru (31 Desember), dan tanggal-tanggal lain yang akan ditentukan kemudian. Islandia dipilih sebagai lokasi monumen karena keindahan lokasi, dan energi listrik di Islandia yang berasal dari energi geotermal.[1]

Ide mendirikan monumen bermula pada tahun 1965 ketika Ono membayangkan sebuah "rumah cahaya" (light house),[2] dan ide tersebut disampaikan ke Lennon yang tertarik untuk membangunnya. Pembangunan monumen dimulai 9 Oktober 2006 saat Ono menunjuk lokasi monumen, dan peresmian monumen dilakukan pada hari yang sama. Di antara tamu yang hadir dalam upacara terdapat Sean Lennon putra Ono dan Lennon, rekan Lennon sesama The Beatles Ringo Starr, dan Olivia Harrison (janda George Harrison), dan anak Olivia yang bernama Dhani Harrison. Paul McCartney juga diundang tetapi berhalangan hadir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Imagine Peace". Imagine Peace Tower. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-21. Diakses tanggal 9 Desember. 
  2. ^ "Light House". Imagine Peace Tower. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-11. Diakses tanggal 9 Desember. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]