Membentar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seekor kuda sedang berlatih lompat berkuda di halte dalam antrean panjang.

Membentar adalah teknik untuk melatih kuda. Ini juga merupakan komponen penting dari olahraga lompat berkuda .Tempat untuk membentar kuda disebut pembentaran.

Kuda diminta bergerak di ujung garis yang panjangnya kira-kira 25 kaki (7,6 m) . Membentar adalah latihan kuda dalam lingkaran besar dengan kuda berjalan mengitari tepi luar cincin nyata atau khayalan dengan pawang berada di tanah di tengahnya, memegang tali. Kuda diminta untuk menanggapi perintah dari pawang atau pelatihnya, biasanya diberikan melalui suara, dibantu dengan tekanan dan pelepasan tali serta gerakan cambuk dengan batang yang panjang, yang disebut cambuk pembentar.

Membentar digunakan sebagai alat pelatihan bagi kuda muda untuk mengenalkan mereka pada perintah, perlengkapan, dan untuk membangun kepercayaan dan rasa hormat pada pelatihnya. Ini juga dapat digunakan untuk membangun kekuatan pada kuda yang ditunggangi atau untuk rehabilitasi setelah sakit atau cedera.[1] Hal ini dapat digunakan untuk memperkenalkan pengendara baru pada pergerakan kuda tanpa harus pengendara juga harus mengatur kendali atas hewan tersebut. Ini juga bisa menjadi latihan berkendara tingkat lanjut untuk meningkatkan keseimbangan dan keterampilan pengendara yang lebih berpengalaman.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Seekor kuda dan pelompat dalam barisan panjang dengan pawang di tanah. Membentar juga digunakan untuk mengembangkan keterampilan berkuda seseorang.

Untuk kuda muda (belum berpengalaman), membentar digunakan untuk mengajari kuda merespons perintah suara dan bahasa tubuh pelatih, membiasakan mereka merasakan pelana dan kekang, dan mulai mengenalkan sensasi kendali. dan sedikit tekanan. Di banyak kandang pelatihan, seekor kuda pertama kali diperkenalkan pada hampir semua hal yang diminta untuk dilakukannya di bawah pelana, termasuk gerakan di semua gaya berjalan, respons terhadap perintah tangan dan suara (disebut alat bantu berkuda ), dan tetap tenang dalam kondisi yang tidak biasa. atau situasi stres.[2]

Pada kuda dari segala usia atau tingkat pengalaman, membentar digunakan untuk melatih kuda ketika tidak dapat ditunggangi, atau ketika diperlukan kerja tambahan untuk mengembangkan keseimbangan, ritme, dan untuk meningkatkan gaya berjalan kuda. Hal ini juga berguna untuk membantu menenangkan kuda sebelum ditunggangi, terutama kuda yang memiliki tali tinggi, kuda muda, atau kuda yang dikurung lebih dari biasanya. Namun, membentar yang berkepanjangan atau dengan maksud untuk melelahkan kuda dapat menyebabkan ketegangan sendi.

Membentar sangat berharga untuk pengajaran, karena mereka dapat mengembangkan tempat duduk dan posisinya tanpa harus khawatir dalam mengendalikan kudanya. Sekolah berkuda dan pelatihan klasik, seperti Sekolah Berkuda Spanyol, mengharuskan pengendara baru untuk bekerja secara ekstensif dalam jangka waktu yang lama sebelum mereka diperbolehkan memegang kendali atau sanggurdi, dan pengendara diharuskan untuk kembali bekerja dalam waktu lama secara berkala untuk memperbaiki tempat duduk dan keseimbangan mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ German National Equestrian Federation. Lungeing, p. 5. Kenilworth Press 2003. ISBN 1-872082-16-5.
  2. ^ Steinbrecht, Gustav. The Gymnasium of the Horse, p. 59. Xenophon Press 2011. ISBN 978-0-9333162-5-6.