Media DMEM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fetal Bovine Serum salah satu bahan dasar media DMEM

Media DMEM (Dulbecco’s modified eagle medium) merupakan medium basal yang terdiri dari vitamin, asam amino, garam, glukosa, dan pH indikator.[1] Namun, media ini tidak mengandung protein atau agen penumbuh.[1] Media ini membutuhkan suplementasi untuk menjadi medium yang lengkap.[1] Umumnya media ini disuplementasi dengan 5-10% Fetal Bovine Serum (FBS).[1] Selain itu, DMEM juga membentuk sistem buffer sodium bicarbonate (3.7 g/L) dan tentunya membutuhkan tingkat karbon dioksida buatan untuk membuat pH tetap pada kisaran yang diinginkan.[2] 7-10% CO2 merupakan tingkat yang optimal tapi banyak peneliti yang sukses menggunakan nya hanya pada level CO2 sebesar 5%.[2] Problem potensial dari rendah nya tingkat CO2 adalah pH dapat menjadi sangat tinggi.[2] Saat terekspos pada tingkatan ambient dari CO2, sodium bicarbonate akan membuat DMEM menjadi basa secara cepat.[2] Inilah yang merupakan alasan kenapa kita umum mengamati media yang berwarna ungu yaitu mengindikasikan peningkatan dari pH.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) [Sigma Aldrich]. 2009. DMEM. [terhubung berkala]. http://www.sigmaaldrich.com/life-science/cell-culture/classical-media-salts/dmem.html [6 Nov 2009].
  2. ^ a b c d e (Inggris) Invitrogen. 2009. DMEM dulbecco’s modified eagle media. [terhubung berkala]. http://tools.invitrogen.com/content/sfs/productnotes/F_DMEM%20-RD-MKT-TL-HL050602.pdf [13 Nov 2009].
 3. pengertian Sodium bicarbonate