Medan Bisnis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Medan Bisnis adalah sebuah harian ekonomi yang pertama diterbitkan di Medan, Indonesia. Yang diterbitkan oleh PT.Kasih Karunia Medan Bisnis. Harian Medan Bisnis diterbitkan pada tanggal 31 Juli 2000. Surat Kabar ini memiliki tokoh kartun yang dijadikan sebagai maskot, bernama Mr.Hokie yang karakternya diciptakan oleh seorang kartunis Muda bernama Ilham Moehammad atau yang biasa dipanggil Ilmoe.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kilas Balik

Medan Bisnis terbit untuk pertama kalinya di Kota Medan pada tanggal 15 Januari 2001 sebagai sebuah mingguan. Enam bulan kemudian sesuai rencana Medan Bisnis ditingkatkan menjadi sebuah harian, tepatnya pada tanggal 31 Juli 2001.

Masa awal penerbitan Harian Medan Bisnis terbit 16 halaman setiap hari, Seiring perkembangan suratkabar ini yang tergolong pesat, sejak April 2003 Medan Bisnis meningkatkan jumlah halamannya menjadi 20 halaman, dan mulai Januari 2007 ditingkatkan lagi menjadi 24 halaman dengan setiap halaman adalah Full Color, ini merupakan salah satu usaha Medan Bisnis untuk memberikan yang lebih baik lagi kepada pembaca setia Medan Bisnis.

Komposisi pemberitaan Harian Medan Bisnis adalah 50 % berita ekonomi dan 50% berita umum. Kebijakan ini diambil dengan tujuan agar di samping berita-berita ekonomi sebagai menu utama harian ini, para pembaca juga bisa menikmati berita-berita umum mulai di bidang politik, kriminal, hukum, sampai human interest.

Kini setiap hari Harian Medan Bisnis dibagi menjadi dua bagian, yakni 12 halaman berita ekonomi dan 12 halaman berita umum.

Informasi, Edukasi, Motivasi

Ketika persiapan penerbitan Medan Bisnis dilakukan pada akhir tahun 2000, kami memiliki satu tekad yaitu suratkabar ini harus memiliki perbedaan dengan koran-koran yang telah ada di Medan. Kami menyadari satu hal, untuk bisa menerobos pasar yang telah diisi pemain-pemain lama yang telah berakar, suratkabar yang kami hasilkan harus tampil beda.

Perbedaan yang pertama, tentu saja, menyangkut aspek pemberitaan sebagai menu utama sebuah suratkabar. Visi pertama kami adalah menyajikan berita-berita aktual, menarik, bisa dipercaya, dan eksklusif. Semua berita dikemas dalam bahasa yang benar dengan cara penyajian sepopuler mungkin.

Tetapi itu saja belum cukup. Sebagai sebuah harian dengan dominasi berita-berita ekonomi berkisar 50 %, kami memiliki kerinduan agar setiap hari kami tidak hanya "menjual" berita dan menyajikan informasi, tapi juga menyuguhkan peluang-peluang dan inspirasi yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis dan karir para pembaca kami, Artinya, kehadiran Medan Bisnis harus bisa memberi faedah yang konstruktif kepada para pembacanya. Kami memiliki obsesi agar suratkabar ini dapat memasukkan nilai-nilai baru yang luhur ke dalam benak pembaca; nilai-nilai yang membangun karakter dan menambah wawasan mereka.

Kami punya keyakinan, baik buruknya suatu masyarakat ikut ditentukan oleh suratkabar yang terbit di daerah bersangkutan. Oleh karena itu berikan kesempatan kepada kami untuk mewarnai tanah air kita dengan nilai-nilai baru yang positif sesuai moto kami yaitu "Membangun Indonesia yang Lebih Baik"

Produk & Informasi

Harian Medan Bisnis terbit setiap hari dengan 24 halaman Full Color. Edisi harian dengan 12 halaman khusus berita ekonomi, dan 12 halaman khusus berita umum. Sedangkan edisi Minggu untuk sementara terbit dengan 20 halaman.

Pembaca Medan Bisnis

Harian Medan Bisnis membidik para pembaca dari kalangan menengah ke atas. Para pembaca utama kami adalah para pelaku Bisnis, eksekutif dan kaum profesi yang memiliki tingkat kehidupan yang mapan dan berdaya beli tinggi.

Dengan image sebagai suratkabar elit, Harian Medan Bisnis saat ini dijadikan sebagai corporate media oleh sejumlah perusahaan penerbangan dan perhotelan, antara lain Lion Airlines, Sriwijaya Airlines, Garuda Indonesia, Batavia Airlines, Hotel Grand Angkasa, Hotel Soechi, Asean International Hotel, Tiara Hotel Medan, Garuda Plaza Hotel, The Aryaduta Hotel, Excelcomindo, Telkomsel dan Indosat.

Hasil survey di lapangan juga menunjukkan Medan Bisnis banyak dibaca para pekerja yang berada di level menengah serta mahasiswa.

Tapi siapapun mereka, para pembaca harian Medan Bisnis memiliki beberapa kesamaan yakni punya wawasan luas, tahu tentang kualitas, matang dan progresif.

Komposisi Pembaca

Penyebaran Suratkabar

Berbasis di Medan, sekitar 50% dari tiras harian ini yang berjumlah „b 20.000 eksemplar berada di Medan dan sekitarnya. Sisanya beredar di daerah-daerah tingkat dua di Sumatera Utara, di samping juga didistribusikan ke Aceh, Riau dan Jakarta. Medan Bisnis memberlakukan harga bagi para pelanggan Rp 60.000,- per bulan. Dan harga eceran di pasaran Rp 2.000,- per eksemplar.

Berikut ini data penyebaran Harian Medan Bisnis setiap hari : Kota Medan - 50 % Kota-kota lain di Sumut - 40 % Aceh, Riau, Jakarta - 10 %

Pola Pendistribusian : Langganan tetap 75 % Penjualan eceran 25 %

http://www.medanbisnisdaily.com/tentang_kami/