Mecca-Cola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mecca Cola)
Langsung ke: navigasi, cari
MeccaColaLogo.jpg
Mecca-Cola
{{{image}}}
Jenis Cola
Kandungan alkohol {{{abv}}}
Bukti {{{proof}}}
Pabrik pembuat Mecca Cola World Company
Negara asal Perancis
Diperkenalkan November 2002
Dihentikan
Warna {{{colour}}}
Rasa {{{flavour}}}
Varian
Produk terkait Coca-Cola, Zam Zam Cola, Qibla Cola

Mecca-Cola adalah minuman berkarbonasi cita rasa kola. Merupakan produk utama Mecca Cola World Company, dipasarkan sebagai alternatif merek Amerika Serikat seperti Coca-Cola dan Pepsi-Cola. Nama produk ini mengandung transliterasi abjad Latin untuk مكة المكرمة (Makkah al-Mukarramah, atau "Makkah", bahasa Inggris:Mecca), kota suci Islam di Arab Saudi.

Diluncurkan di Perancis pada November 2002, oleh usahawan Tawfik Mathlouthi, sebagai alat membantu bangsa Palestina dengan menyediakan kebutuhan buat produk alternatif di negara Eropa. Ia terinspirasi minuman ringan dari Iran yang terkenal, Zam Zam Cola, yang laku keras di Arab Saudi dan Bahrain, dan kenyataannya hanya memutuskan meluncurkan mereknya sendiri saat ia tidak bisa menyetujui dalam hal kontrak distribusi dengan Zam Zam. Dalam gilirannya Mecca-Cola mengilhami pembentukan Qibla Cola.

Kini Mecca-Cola dijual meluas di Timur Tengah dan di daerah tertentu di Eropa, Asia, dan Afrika. Meski produk ini diciptakan di Perancis, kini perusahaan ini bermarkas di Dubai, Uni Emirat Arab. Salah satu filosofi hukumnya ialah janjinya untuk mendanai 10% keuntungannya untuk mendanai proyek kemanusiaan (seperti sekolah) di daerah Palestina, dan 10% lainnya untuk amal di negeri-negeri di mana minuman ini dijual — khususnya, "asosiasi yang bekerja untuk perdamaian di dunia dan khususnya untuk perdamaian dalam konflik antara bangsa Palestina dan apartheid Zionis yang fasis". Pendirian aktivisnya yang tidak berkompromi ini diejawantahkan melalui slogan perusahaan ini, yang muncul di seluruh produknya: "No more drinking stupid, drink with commitment!"

Tiap orang bisa meminta agar produk ini tak dicampurkan dengan alkohol, sebagai pengejawantahan sikap teetotal.

Di samping beberapa kehadiran yang berbeda dari kolanya, perusahaan ini juga menjual barisan minuman ringan rasa buah di bawah nama Mecca-Cola. Perusahaan ini ialah sponsor — dan minuman resmi — KTT OKI Oktober 2003 yang diselenggarakan di Malaysia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]