Maunder Minimum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maunder Minimum dalam sejarah 400 tahun angka bintik matahari

Maunder Minimum, juga dikenal sebagai "kelangkaan bintik matahari yang berkepanjangan", adalah periode sekitar tahun 1645 hingga 1715 di mana bintik matahari menjadi sangat langka. Selama periode 28 tahun (1672-1699), pengamat menemukan kurang dari 50 bintik matahari. Ini kontras dengan 40.000–50.000 bintik matahari yang terlihat di zaman modern dalam rentang waktu yang sama.[1]

Maunder Minimum adalah bagian dari Zaman Es Kecil, periode kelangkaan bintik matahari panjang yang menyebabkan suhu Eropa yang lebih rendah dari rata-rata. Aktivitas matahari yang berkurang mungkin telah berkontribusi pada pendinginan iklim, meskipun pendinginan dimulai sebelum matahari minimum dan penyebab utamanya diyakini adalah aktivitas gunung berapi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John E. Beckman; Terence J. Mahoney (1998). The Maunder Minimum and Climate Change: Have Historical Records Aided Current Research?. Library and Information Services in Astronomy III. ASP Conference Series. 153. Instituto de Astrofísica de Canarias, Tenerife: Astronomical Society of the Pacific.