Mat Rempit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salah satu gaya favorit Mat Rempit, Gaya Aerodinamis atau Superman bisa dilihat di jalanan di Malaysia.

Mat Rempit adalah istilah yang digunakan di Malaysia untuk menyebut pengendara sepeda motor yang terlibat kegiatan balap liar, atraksi motor berbahaya, aksi kejahatan kecil dan gangguan ketertiban umum. Mat Rempit biasanya berkelompok dan akan berlomba di tengah kota pada malam akhir pekan. Mat Rempit juga dikaitkan dengan kegiatan berandalan, perampokan berkelompok,[1][2] perkelahian, perusakan, pencurian dan intimidasi.

Kebanyakan sepeda motor yang digunakan Mat Rempit tak memenuhi standar, atau sudah banyak dimodifikasi. Bahkan, ada pula Mat Rempit yang tak memiliki surat izin mengemudi yang sah, tak membayar pajak jalan dan membawa sepeda motor curian.[3][4] Kini, komplek perumahan pun turut diubah menjadi sirkuit balap oleh Mat Rempit.[5] Diperkirakan di Malaysia saja ada sekitar 200.000 Mat Rempit.[6] Istilah Mat Rempit ini juga digunakan di Brunei Darussalam, Singapura dan sebagian Indonesia untuk menyebut kegiatan yang sama.

Peristilahan[sunting | sunting sumber]

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Kata "rempit" kemungkinan berasal dari kata bahasa Inggris "ramp it" atau "rev it" yang kurang lebih berarti mempercepat atau memacu kecepatan motor.[7] Berdasarkan Kamus Dewan, rempit didefinisikan sebagai "menyebat dengan rotan dll., menyesah".[8] Pendapat lainnya berkata bahwa rempit mungkin berasal dari tiruan suara bising yang dibuat oleh sepeda motor 2 tak.

Pengenalan istilah[sunting | sunting sumber]

Istilah Mat Rempit mulai diperkenalkan oleh jurnalis Wan Kamarulzaman (Wan K)[9] melalui edisi siasat yang merupakan istilah bagi pengendara sepeda motor yang terlibat dalam balapan liar, biasanya dengan menggunakan motor bebek atau skuter. Mat rempit merupakan salah satu gejala sosial remaja di Malaysia sekarang. Namun istilah ini awalnya diperkenalkan oleh kartunis Halim Hassan melalui majalah motor Malaysia, yaitu Roda Roda yang diterbitkan pada 1998.[9] Karakter Mat Rempit adalah nama untuk karakter kartun desain yang benar-benar menunjuk dirinya sendiri. Dia masih aktif menggambar kartun hingga hari ini meskipun jarang dipublikasikan. Minah Rempit pula bisa jadi adalah pengendara wanita, atau seorang teman perempuan Mat Rempit.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Istilah "Mat" dan "Minah" yang menyertai kata "rempit" menimbulkan polemik. Kata tersebut lebih sering dipakai untuk pengendara berbangsa Melayu di Malaysia. Hal ini juga membangkitkan rasa kurang senang dari masyarakat Islam karena "Mat" & "Minah" lebih dekat dengan nama junjungan besar Nabi Muhammad SAW dan ibunya Aminah yang kerap diberi nama timangan "Mat" dan "Minah". Kelompok ini menuntut supaya kata Mat dan Minah digugurkan, dan hanya menggunakan kata "Rempit".

Perlombaan[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan Mat Rempit masih bersekolah dan tidak memiliki SIM. Ada juga yang telah bekerja baik di sektor publik maupun swasta. Mereka saling berkompetisi dan adakalanya mendapat 'hadiah' berbentuk uang dan pelacur sebagai taruhan. Untuk menambah kecepatan sepeda motor, karburator, piston, rem, setang, ban dan lain-lain dimodifikasi. Diperkirakan 70% suku cadang tersebut ditemukan dari hasil motor curian karena harganya jauh lebih murah dibandingkan pasar.

Mat Rempit beraksi pada waktu sore hari, malam hari atau setelah orang tua pulang dari bekerja. Remaja ini mencuri kunci sepeda motor atau memberi alasan membeli barang di toko terdekat atau pergi ke pasar malam. Orangtua tidak sadar anaknya bisa pergi jauh sampai ke Kuala Lumpur.

Mereka beraksi di celah-celah mobil yang penuh sesak di Kuala Lumpur untuk mendapat perhatian publik. Di Kuala Lumpur, jalan yang populer adalah Jalan Raja Laut, Jalan Tuanku Abdul Rahman dan Jalan Bukit Bintang. Jalan tol Lekas di Semenyih yang belum siap sepenuhnya telah mengorbankan beberapa remaja belasan tahun.

Tantangan[sunting | sunting sumber]

Jalan yang menantang adalah di tikungan berbahaya, jalan berlubang, berair, berlomba melawan arus, tanpa lampu depan dan menerima tantangan teman, musuh dan orang banyak.

Teknik berkendara[sunting | sunting sumber]

Teknik mengendarai juga diperhatikan dan berubah dari waktu ke waktu. Semakin bahaya, semakin mendapat tepukan penonton dan mereka bangga menjadi juara. Teknik tersebut seperti mengangkat roda depan, berbaring di jok sepeda motor, berdiri dan sebagainya.

Risiko[sunting | sunting sumber]

Mereka rela terluka parah dan bahkan berani mati konyol ketika berlomba. Ketika berlomba, mereka akan memejamkan mata, lampu sepeda motor ditutup dan mengendarai sepeda motor melawan arus jalan raya. Pastinya mereka di bawah pengaruh narkoba sintetis seperti sabu dan ice. Ketika berlomba mereka terbayang 'ular' atau musuh 'alien' yang harus ditentang habis-habisan. Mereka ditugaskan untuk menjadi pahlawan membunuh musuh. Mereka tidak ada perlindungan diri seperti sepatu, celana tebal, pelindung lutut, helm maupun asuransi jiwa. Orang tua yang mengharapkan dan menyayangi mereka dilupakan begitu saja. Di Malaysia, Mat Rempit ini mayoritas terdiri dari remaja Melayu (Situasi berbeda di Singapura).

Penanggulangan[sunting | sunting sumber]

Blokade jalan oleh polisi lalu lintas adalah salah satu tantangan yang menyenangkan bagi Mat Rempit. Mereka akan berbalik melawan arus jika ada blokade polisi. Ada juga yang menabrak blokade jalan raya. Mereka tidak peduli polisi sedang membawa senjata api atau pentungan. Orang tua dan masyarakat akan menyalahkan polisi jika bertindak kasar seperti menendang sepeda motor yang bergerak cepat. Ada juga kasus polisi yang melempar kayu pada pelek ban yang bergerak cepat untuk menghindari mereka melarikan diri. Kondisi ini memperburuk keadaan karena korban akan jatuh dengan parah karena motor akan terhenti dengan mendadak. Akhirnya pihak berwajib merasa jera berurusan dengan mereka.[butuh rujukan]

Wakil Ketua Yayasan Pencegahan Kejahatan Malaysia (YPJM), Tan Sri Lee Lam Thye mengusulkan Undang-undang Transportasi Jalan diubah untuk mengurangi gejala "Mat Rempit" dan perlombaan sepeda motor ilegal. Pelajar berusia 15 sampai 19 tahun adalah mahasiswa yang kandas dalam pelajaran atau telah berhenti sekolah, harus ditahan di sekolah remaja, Sekolah Henry Gurney jika ditemukan bersalah untuk suatu periode ditentukan. Mereka harus dihukum membuat pekerjaan amal hingga 100 jam dan motor disita.[10]

Pengangkatan[sunting | sunting sumber]

Mat Rempit menjadi fokus untuk beberapa film dan lagu, di antaranya adalah:

Film
Lagu
  • Kazar – Mimpi Berburu (dari Gila-Gila Remaja)
  • Spider – Salut (dari Bintang 12)
  • Namewee – Kawanku
  • Yazer dan Doul – Rempit
  • Ustaz Akhil Hayy Rawa – Relaku Rempit (parodi lagu Relaku Membujuk oleh Spider)
  • JJ dan Rudy (The Morning Crew) dari hitz.fm – Not So Furious (parodi dari lagu Teriyaki Boyz, Tokyo Drift)
  • Fairuz Hafeez – Cerita Mat Rempit / Mat Rempit Jatuh Tergolek

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Geng motor merampas vendor RM70
  2. ^ Mat Rempit geng ancaman Rep: Tiga perampokan dibawa ke perhatian saya
  3. ^ Mat Rempit Diarsipkan 2007-03-12 di Wayback Machine. Bintang Online Otomotif Blog
  4. ^ Mengekang ilegal racing Diarsipkan 2007-02-10 di Wayback Machine. Harian Metro
  5. ^ "Warga muak dengan Mat Rempit keributan pergi setelah mereka". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-30. Diakses tanggal 2021-10-09. 
  6. ^ Rempit - Budaya pamer - Cosmo! (4 januari 2007)
  7. ^ Lim, Letitia (2015-08-03). "9 popular Manglish words and their agak-agak origins". CILISOS - Current Issues Tambah Pedas! (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-01. 
  8. ^ "Rujukan Kamus Terbitan DBP". sbmb.dbp.gov.my (dalam bahasa Melayu). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-30. Diakses tanggal 28 January 2010. 
  9. ^ a b Sukimi, Mohamad Fauzi (2020-05-31). "Subbudaya Kumpulan Mat Rempit: Interpretasi Penggunaan Bahasa DI Kalangan Ahli Kumpulan". e-Bangi. 
  10. ^ Mengubah Angkutan Jalan undang-Undang Mengekang Gejala Mat Rempit - MCPF