Masjid Troitsk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Katedral Troitsk
Троицкая соборная ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Oblast Chelyabinsk
Lokasi
LokasiTroitsk
Negara Rusia
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturModern
Didirikan1863-1864
Menara1

Masjid Katedral Troitsk (bahasa Rusia: Троицкая соборная ме́че́ть), atau secara resmi bernama Masjid Zaynulla Rasulev (bahasa Rusia: Зайнуллы Расуле́ва ме́че́ть) adalah sebuah kompleks masjid bersejarah yang berada di kota Troitsk, Oblast Chelyabinsk, Rusia.[1] Kemudian masjid ini dinamai sesuai ulama Bashkir yaitu Zaynulla Rasulev. Masjid yang bernama sama juga terletak di kota Uchaly, Republik Bashkortostan, yaitu Masjid Zaynulla Rasulev.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid ini dibangun atas biaya seorang pedagang yaitu Gaisa Yaushev, dan selesai pada rentang tahun 1863-1864. Imam masjid ini ialah seorang ayah dan anak dari Rakhmankulov.[3] Selain itu, imam masjid Zainulla Rasulev juga kerap menggelar khutbah salat Jumat. Pada tahun 1930-1944, masjid ini sempat dihancurkan untuk keperluan lain (pertemuan bangsa Tatar dan teater). Kemudian minaret masjid dihancurkan pada tahun 1943 dan pada tahun 1944 bangunan itu dikembalikan kepada orang tepercaya.[4]

Pada awal tahun 1980-an, bangunan masjid itu rusak. Lalu sejak tahun 1988, pekerjaan restorasi telah dimulai, tetapi belum selesai juga. Pada tahun 2002, pekerjaan dilanjutkan, tetapi menara belum dipugar. Kemudian sejak tahun 2008, masjid ini dinamai dengan nama Zaynulla Rasulev (seorang ulama Bashkir).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Мечеть Зайнуллы Расулева. Описание места". RuTraveller — ваш online-путеводитель по городам и странам (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-12-09. 
  2. ^ "Мечеть Зайнуллы Расулева. Описание места". RuTraveller — ваш online-путеводитель по городам и странам (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-12-09. 
  3. ^ "Мечеть Зайнуллы Расулева. Описание места". RuTraveller — ваш online-путеводитель по городам и странам (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-12-09. 
  4. ^ "Мечеть Зайнуллы Расулева. Описание места". RuTraveller — ваш online-путеводитель по городам и странам (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-12-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]