Masjid Luhansk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Katedral Luhansk
Луганська соборна ме́че́ть
Masjid dengan ciri khas bangunan berwarna kuning
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Luhansk
Lokasi
LokasiLuhansk
Negara Ukraina
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturTatar
Didirikan1999
Menara1

Masjid Katedral Luhansk (bahasa Rusia: Луганская соборная ме́че́ть) (bahasa Ukraina: Луганська соборна ме́че́ть) adalah sebuah masjid bersejarah yang berada di kota Luhansk, Oblast Luhansk, Ukraina.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangsa Tatar, diantara kelompok etnis lainnya, adalah penduduk asli wilayah multinasional Eurasia Tengah, terutama wilayah modern Federasi Rusia, Ukraina, dan Kazakhstan. Selama paruh kedua abad ke-19 Bangsa Tatar Volga dari Rusia tengah, sebagai warga Kekaisaran Rusiayang pada saat itu sebagian besar pindah ke wilayah Donbas di Ukraina selatan untuk bekerja di tambang dan pabrik. Jumlah etnis Tatar Volga di wilayah Luhansk bertambah menjadi sekitar 400.000. Bangsa Tatar pada umumnya memiliki masjid dan sekolah sendiri. Selama era Soviet, pihak berwenang menutup masjid hampir semuanya.

Perubahan besar dalam kehidupan sosial Eurasia Tengah dan Eropa Timur pada tahun 1980-an dan 1990-an akibat bubarnya Uni Soviet dan kemerdekaan Ukraina juga menyebabkan kebangkitan kehidupan agama, budaya dan sosial dari berbagai komunitas, di antaranya Tatar Krimea.

Masjid Katedral Luhansk dibangun oleh komunitas Muslim di wilayah Luhansk. Secara resmi dibuka pada tanggal 29 Mei 2010.

Bangunan masjid ini berlantai dua dengan luas bangunan 550 meter persegi. Di lantai basement terdapat gedung olahraga dan dapur. Di lantai dasar terdapat perpustakaan, ruang kelas, dan kantor. Pada tahun 2014, bangunan tersebut rusak akibat bahan peledak selama Invasi Rusia ke Ukraina namun masjid tersebut tetap mengadakan perayaan Iduladha.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Луганська соборна мечеть - найбільш відвідувана в Україні, - Рашидов". Іслам в Україні (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2022-10-05. 
  2. ^ "Eid al-Adha in Luhansk, Kharkiv, Vinnitsya, Dnipropetrovsk and Zaporizhzhya". www.arraid.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]