Masjid Gufran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Katedral Gufran
Гуфран соборная ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Bashkortostan
Lokasi
LokasiUfa
Negara Rusia
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturBashkir
Didirikan1909
Kubah1

Masjid Katedral Gufran (bahasa Rusia: Гуфран соборная ме́че́ть) (bahasa Bashkir: Гуфран йәмиғ мәсе́те́), atau lebih dikenal dengan Masjid Gufran (bahasa Bashkir: Гуфран мәсе́те́) adalah sebuah kompleks masjid bersejarah yang berada di kota Ufa, Republik Bashkortostan, Rusia. Masjid ini awalnya dibangun pada tahun 1909, atas perintah komunitas Muslim setempat, yang kemudian diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 23 Februari 1910.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid Katedral Kelima (19091960)

Pemakaman Muslim di tepi Sungai Belaya muncul pada akhir abad ke-19 dan pertama kali dicatat di peta pada tahun 1897. Area pemakaman diperluas pada tahun 1904, dan pada tahun 1909 sebuah masjid kayu berlantai dua muncul di sini, yang kemudian dikenal sebagai Masjid Katedral Kelima. Namun masjid tersebut ikut kebakar dalam peristiwa kebakaran yang terjadi pada tahun 1960.

Masjid baru dibuka pada tahun 1994 dan diberi nama "Ghufran", yang diambil dari bahasa Arabdan diterjemahkan sebagai "pengampunan". Pembangunan masjid didanai oleh dana pribadi dari dermawan Ufa — perusahaan "Planeta", "Sotsinvestbank", dan "Sentyabr". Arsitek masjid pada saat itu ialah Ildar Sabitov. Imam sekaligus Khatib masjid pertama adalah Gali Khasanov.

Sekarang masjid ini merupakan masjid kuburan yang sederhana dan kecil, tempat diadakannya upacara pemakaman; perayaan hari raya Islam; sekolah anak-anak hari Minggu untuk belajar Al-Qur'an dan dasar-dasar Islam di masjid. Khutbah salat Jumat diterjemahkan secara serentak dari bahasa Tatar ke bahasa Rusia.[2] Dalam rangka acara perayaan maulid Nabi Muhammad; di masjid diadakan lomba mengaji antar anak-anak; acara budaya dan hiburan untuk tamu; dan acara menyantap Plov sambil minum teh.[3]

Sejak tahun 2008, Imam sekaligus Khatib masjid ini adalah Nukh Khasanov, saudara dari Imam–Khatib sebelumnya Gali Khasanov. Kemudian direncanakan akan dibangun minaret masjid, yang nantinya juga ada sekolah madrasah, dan toko makanan halal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Гуфран Соборная Мечеть". Туристер.ру (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-12-12. 
  2. ^ "Уфа. В мечети «Гуфран» введена практика синхронного перевода пятничной проповеди (хутбы) с татарского языка на русский" (dalam bahasa Rusia). REGNUM. 2002-04-03. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-21. Diakses tanggal 2012-05-13. 
  3. ^ "«Гуфран» готовится к Мавлиду" (dalam bahasa Rusia). Рисәләт-Послание, религиозно-просветительская газета. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-21. Diakses tanggal 2012-05-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]