Martha Graham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Martha Graham

Martha Graham, bersama Bertram Ross
Tanggal lahir 11 Mei 1894
Kota Allegheny, Pennsylvania, Amerika Serikat
Tanggal wafat 1 April 1991 (umur 96)
New York, Amerika Serikat
Kebangsaan  Amerika Serikat
Bidang Dance dan koreografi
Aliran Modern dance
Penghargaan Kennedy Center Honors (1979)
Presidential Medal of Freedom (1976)
National Medal of Arts (1985)

Martha Graham (lahir di Allegheny, Pennsylvania, 11 Mei 1894 – meninggal di New York City, Amerika Serikat, 1 April 1991 pada umur 96 tahun) adalah seorang penari dan koreografer untuk modern dance, yang pengaruhnya akan tari dapat dibandingkan dengan pengaruh Igor Stravinsky terhadap musik, Pablo Picasso akan seni rupa, atau Frank Lloyd Wright mengenai arsitektur.[1]

Martha Graham menciptakan gaya gerakan baru, dan digunakan untuk mengungkapkan hasrat, kemarahan dan kegembiraan selayaknya dialami manusia. Ia telah menari dan merancang tarian lebih dari tujuh puluh tahun, dan selama waktu itu ; ia merupakan penari pertama yang pernah melakukan pertunjukan di Gedung Putih, keliling dunia sebagai duta besar seni, dan menerima penghargaan tertinggi di Amerika Serikat yakni Presidential Medal of Freedom.

Sepanjang hidupnya, ia telah menerima berbagai penghargaan dari Kunci Kota (bahasa Inggris: Freedom of the City) untuk kota Paris hingga Order of Precious Crown dari kekaisaran Jepang.

I have spent all my life with dance and being a dancer. It's permitting life to use you in a very intense way. Sometimes it is not pleasant. Sometimes it is fearful. But nevertheless it is inevitable.

Saya telah menghabiskan seluruh hidup saya untuk menari dan menjadi penari. Mengizinkan hidup menggunakan anda dalam sebuah jalan yang menegangkan. Terkadang tidak menyenangkan. Terkadang menakutkan. Akan tetapi, hal itu tidak dapat dihindari.

—Martha Graham, About Martha Graham[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Martha Graham: About the Dancer". American Masters. NPR. September 16, 2005. 
  2. ^ (Inggris)marthagraham.org