Mark Philippoussis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mark Philippoussis

Mark Anthony Philippoussis (lahir pada 7 November 1976 di Melbourne, Australia) adalah seorang petenis asal Australia. Ia terkenal mempunyai pukulan yang sangat kencang, bukan hanya pada saat servis, melainkan juga saat melakukan pukulan-pukulan groundstroke. Berkat pukulan kerasnya, ia mendapatkan julukan The Scud. Bertinggi badan 193 cm.

Philippoussis mulai bermain tenis pada usia enam tahun, ia menjadi pemain profesional pada tahun 1994. Tahun 1996, ia mengalahkan Pete Sampras pada babak ketiga Australia Terbuka, namun terhenti pada babak berikutnya. Pada tahun yang sama, ia melaju hingga babak semifinal Wimbledon dan AS Terbuka, berpasangan dengan Patrick Rafter. Tahun 1998, ia mencapai babak final AS Terbuka, namun dikalahkan Rafter. Tahun 2000, ia mencapai babak perempat final Wimbledon untuk ketiga kalinya berturut-turut, namun kalah melawan Andre Agassi.

Pada tahun 2003, ia berhasil mencapai babak final Wimbledon, tetapi dikalahkan Roger Federer. Ia membawa Australia mengangkat trofi Piala Davis pada tahun tersebut setelah memenangkan pertandingan keempat Australia melawan Spanyol. Tahun berikutnya menandai awal masa yang suram bagi kariernya. Ia keluar dari daftar peringkat 100 dunia, meskipun berhasil mencapai babak keempat Australia Terbuka dan Wimbledon. Ia mendapatkan hasil yang lebih buruk lagi pada tahun 2005. Ia hanya menang sembilan kali sepanjang tahunnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]