Mariasela Álvarez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mariasela Álvarez
Pemenang kontes kecantikan
Lahir Mariasela Margarita Álvarez Lebrón
31 Januari 1960 (umur 54)
Santo Domingo, Dominican Republic
Tinggi 175 m (574 ft 2 in)
Warna rambut Hitam
Warna mata Cokelat
Gelar Señorita República Dominicana 1982
(Miss República Dominicana Mundo)
Miss World 1982
(Pemenang)
(Miss World Amerika)
Mariasela saat dinobatkan sebagai Miss World 1982

Mariasela Margarita Álvarez Lebrón (lahir di Santo Domingo, 31 Januari 1960; umur 54 tahun) adalah Miss World 1982 dan saat ini menjadi seorang host acara televisi dan arsitek dari Republik Dominika. Dia menjadi wanita Dominika pertama yang memenangkan gelar kecantikan internasional. Álvarez mencapai banyak popularitas di negara asalnya, karena kariernya yang panjang di televisi, termasuk menjalankan delapan tahun sukses dengan memenangkan penghargaan acaranya Esta Noche Mariasela. Dia juga seorang arsitek sukses yang telah merancang bangunan penting di Republik Dominika.

Karier[sunting | sunting sumber]

Wanita asli dari Santo Domingo, ibukota Dominika ini, dinobatkan menjadi Miss World ke-32, pada 18 November 1982 di Royal Albert Hall, London.

Pada akhir masa jabatannya sebagai Miss World, dia kembali ke negaranya dan menyelesaikan studinya arsitektur di Universidad Autonoma de Santo Domingo (UASD). Álvarez telah merancang banyak bangunan di negara asalnya, termasuk salah satu landmark Santo Domingo, Torre Cristal, di mana perusahaan telepon Codetel memiliki salah satu cabang komersial.[1]

Pada tahun 1991, dia terlibat dalam bisnis televisi dan host bicara sendiri acara mingguan Con los Ojos Abiertos(lit. "Dengan Mata Terbuka"), yang ia co-host pada awal dengan Milagros Jerman Olalla, Miss Republik Dominika 1980.

Pada tahun 1996 ia membuka televisi sendiri perusahaan produksi, Maralva, SA, yang menghasilkan empat miniseri selama delapan tahun di Esta Noche Mariasela(Malam Mariasela), sebuah variety show mingguan dua jam, pemenang Penghargaan Casandra empat kali untuk televisi Terbaik Tampilkan Khusus.

Pada tahun 2004 Álvarez pindah ke Madrid, Spanyol dengan suami nya, pengusaha hotel terkenal Alberto del Pino,[2] dan sejak 2005 ia telah memproduksi acara Esta Noche Mariasela(lit. "Mariasela Malam") danEsta Tarde Mariasela(lit. "Mariasela Sore ini") untuk TV Popular, sebuah UHF saluran milik COPE, yang terbesar stasiun radio siaran kedua di Spanyol.[3]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Sampai akhir 2011, Álvarez menikah dengan Sergio Alberto Fernández-del Pino Fernández selama 27 tahun. Mereka memiliki empat anak: Andrés Alberto Fernandez del Pino Álvarez, Chantal Fernandez del Pino Álvarez, Rebeca Fernandez del Pino Álvarez, Emmanuel Fernandez del Pino Álvarez.[4] She is the niece of Mariano Lebrón Saviñón.

Komunitas Kerja[sunting | sunting sumber]

Álvarez mendirikan Hogar Mariololy pada tahun 1993, melalui Yayasan Eva LeBron de Álvarez, dibuat untuk menghormati ibunya.[5] Dia juga mendirikan Casa Rosada Santo Domingo, sebuah rumah yang dijalankan oleh Kongregasi Las Hijas de la Caridad, untuk anak yatim dan anak HIV.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Josefina Maria Cuello Perez
Señorita República Dominicana Mundo
1982
Diteruskan oleh:
Yonoris Maribel Estrella Florentino
Didahului oleh:
Bendera Venezuela Pilín León
Miss World
1982
Diteruskan oleh:
Bendera Britania Raya Sarah-Jane Hutt
Didahului oleh:
Bendera Venezuela Pilín León
Miss World Amerika
1982
Diteruskan oleh:
Bendera Kolombia Rocío Isabel Luna