Marianus II dari Arborea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Marianus II (bahasa Italia: Mariano II) (wafat 1297) merupakan seorang Giudice Arborea dari tahun 1241 sampai kematiannya. Dengan aksi bakat militer, ia mengendalikan lebih dari setengah pulau Sardinia. Dengan kendalinya dari daratan tengah dan deposit yang kaya dari metal yang berharga, ia meningkatkan kekayaan giudicato-nya dan kelaparan dari krisis ekonomi secara umum memengaruhi seluruh Eropa pada saat itu.

Ia adalah putra dan pewaris Peter II dari Arborea keluarga Bas-Serra dan wanita lokal yang bernama Sardinia. Ia naik tahta pada usia muda dibawah perwalian William dari Capraia, seorang kerabat jauh. William adalah putra Bina de Lacon, janda Peter I, dan Hugh dari Capraia, Pangeran Prato. William dan saudara-saudaranya Anselm dan Berthold adalah murid di istana Peter II, yang menunjuk William wali untuk putranya.

Atas kematian William pada tahun 1264, Marianus tidak mengambil kekuasaan penuh , namun sebaliknya harus mengakui wakil-dominion putra William Nicholas. Pada tahun 1270, ia memenjarakan Nicholas, dan pada tahun 1274 ia memerintahkan untuk membunuhnya dan mulai memerintah sendiri, meskipun ia segera ditentang oleh putra Berthold Anselm, yang memegang Cagliari.

Marianus adalah sekutu dekat Republik Pisa, pasukan yang paling berkuasa di Sardinia di pertengahan abad ke-13, dan menerima kewarganegaraan Pisa pada tanggal 17 Juni 1265. Ia kerap tinggal di Pisa dan disana ia bertemu dengan istrinya, putri Andreotto Saraceno Caldera. Pada tahun 1287, ia menikahkan putranya John dengan Giacomina, putri Ugolino della Gherardesca, dengan siapa ia adalah pengikutnya. Marianus menjada pada tahun 1293.

Pada tahun 1274, ia memulai serangkaian petualangan berjuang untuk memperluas kekuasaannya di Cagliari dan Logudoro. Ia menguasai Monforte di Nurra dan merestorasikannya, meninggalkan sebuah prasasti baru di dalam musium Sassari. Pada tahun 1277, penaklukannya diakui oleh Paus John XXI. Ia mencaplok bagian Montiferru sejauh Monte Acuto dengan seluruh kastil-kastilnya. Ia kemudian membagi Logudoro giudicato menjadi selatan dan utara. Ia diangkat menjadi jenderal vikaris Logudoro.

Pada tahun 1284, Marianus meminta bantuan Peter III dari Aragon untuk merebut kembali Cagliari. Pada tahun 1287, Anselm dikalahkan dan dibunuh.

Pada tanggal 4 Januari 1295, ia membuat politik berbalik dan meninggalkan bagian ketiga Cagliari ke Pisa. Tak lama kemudian, ia mengambil bagian dengan ipar Gherardeschi dalam menduduki Villa di Chiesa, dibela oleh Guelphs Donoratico. Ia terluka dan mengungsi di San Leonardo di Siete Fuentes, dimana, menurut beberapa sumber, ia diracuni pada tahun 1297 oleh orang-orang Pisa yang ingin mengembangkan otoritas mereka di Cagliari kepada Argentiera Cixerri.

Disamping putra dan pewarisnya, John, ia meninggalkan seorang putri dan seorang anak haram yang bernama Barisone (wafat pada tahun 1305).

Didahului oleh:
Peter II
Giudice Arborea
1241–1297
Diteruskan oleh:
John