Maria Yermolova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret oleh Valentin Serov.

Maria Nikolayevna Yermolova (bahasa Rusia: Мария Николаевна Ермолова; 15 Juli [K.J.: 3 Juli] 1853 15 Juli 1853 – 12 Maret 1928) dikatakan sebagai aktris terhebat dalam sejarah Teater Maly di Moskow dan orang pertama yang diproklamasikan sebagai penerima "People's Artist of the Republic" (1921).

Karier[sunting | sunting sumber]

Selama 50 tahun karirnya, Yermolova sangat unggul dalam peran yang memungkinkannya untuk "menekankan kemandirian semangat dan kepahlawanannya yang populer dalam menentang otoritas yang korup", seperti yang dikatakan oleh Encyclopædia Britannica. Aktor kontemporer dan sesama Rusia Constantin Stanislavski memproklamasikannya sebagai aktris terhebat yang pernah dia amati, sehingga menempatkannya di atas Sarah Bernhardt dan Eleonora Duse.

Maria Yermolova House

Dari tahun 1889 hingga 1928 dia tinggal di sebuah rumah di Tverskoy Boulevard di Moskow. Setelah kematiannya, flatnya ditetapkan sebagai monumen nasional, dan Teater Yermolova di Distrik Tverskoy Moskow masih menggunakan namanya. Sebuah planet kecil 3657 Ermolova, ditemukan oleh astronom Soviet Lyudmila Zhuravlyova pada tahun 1978 dinamai menurut namanya.[1] Ermolova crater on Venus juga dikenang dengan namanya sebagai bentuk penghargaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schmadel, Lutz D. (2003). Dictionary of Minor Planet Names (edisi ke-5th). New York: Springer Verlag. hlm. 308. ISBN 3-540-00238-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]