Margrave Leopold II dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Leopold II (1050 – 12 Oktober 1095) merupakan Margrave Austria, anggota keluarga Wangsa Babenberg yang memerintah dari 1075 keatas. Ia dikenal sebagai Leopold yang 'bijaksana'. Ia merupakan putra Ernest yang Berani dan Adelheid, putri Margrave Dedi (atau Dedo) II dari Meissen. Di dalam Sengketa Penobatan, ia awalnya berpihak kepada Kaisar Henry IV, namun pada tahun 1081 di dalam Kongres Tulln ia berpindah pihak dibawah pengaruh istrinya Itha dan Uskup Altmann dari Passau. Akhirnya, ia digulingkan oleh Kaisar, yang memberikan wilayah feodal tersebut pada Vratislav II dari Bohemia, yang mengalahkan Leopold di dalam Perang Mailberg. Akhirnya, Leopold dapat mempertahankan posisinya, namun ia kehilangan beberapa wilayah di Moravia Selatan. Leopold bertempat tinggal di Gars am Kamp.

Pada tahun 1089 Leopold II membantu biaya konstruksi Biara Melk di Austria timur dengan memberikan tanah untuk biara yang baru. Beberapa mil jauhnya dari Biara Melk, di Austria timur, merupakan puing-puing Thunau kastil Kamp, yang pernah menjadi tempat tinggal musim panas Leopold II.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1065 Leopold menikahi Itha (Ida dari Cham), istri pangeran Cham (10601101), di Cham, Oberphalz, Bayern. Ida adalah putri Rapoto IV, Pangeran Cham, dan Mathilde. Ida konon meninggal di dalam perang salib.

Mereka memiliki seorang putra, Leopold III, juga 6 putri yang menikahi Adipati-adipati dan Pangeran-pangeran dari Kärnten, Bohemia dan Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]



Margrave Leopold II dari Austria
Lahir: 1050 Wafat: 1095
Jerman
Didahului oleh:
Ernest
Margrave Austria
1075–1095
Diteruskan oleh:
Leopold III