Marcel Baschet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Marcel Baschet (1918)

Marcel-André Baschet (5 Agustus 1862 – 28 Desember 1941) adalah seorang pelukis potret Prancis, terkenal karena banyak potret Presiden Republik Ketiga Prancis.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Gagny (Seine-et-Oise), putra kedua dari editor seni Ludovic Baschet, editor Panorama dan ilustré Revue. Saudaranya René adalah kritikus seni untuk Salonsavant, dan editor majalah L'Illustration dari tahun 1904 hingga paruh pertama abad ke-20. Pada usia 17, Marcel memasuki Académie Julian[1] di studio Jules Lefebvre. Seorang siswa di École des beaux-arts de Paris di studio Gustave Boulanger, pada tahun 1883 ia memenangkan Prix de Rome untuk lukisan Oedipus mengutuk putranya Polinices, dan menjadi pensiunan di Villa Médicis di Roma dari tahun 1883 hingga 1887.

Pada 3 Januari 1888, ia menikahi Jeanne Guillemeteau, dan mereka memiliki dua anak, satu putra dan satu putri. Ia menjadi guru di Académie Julian pada tahun 1889. Dari tahun 1900, ia menghabiskan beberapa tahun sebagai guru untuk Princess Mathilde. Dari tahun 1907 hingga 1941, ia memiliki toko di 21 Voltaire di Paris, di mana sebuah plakat peringatan ditempatkan setelah kematiannya. Ia memenangkan médaille d'honneur pada tahun 1908 untuk potretnya Henri Rochefort, dan potretnya Claude Debussy dipamerkan di seluruh dunia. Ia dianugerahi Ksatria Légion d'honneur pada tahun 1898, dan kemudian pada tahun 1913, ia terpilih sebagai anggota Académie des beaux-arts.

Karya-karyanya disimpan di sejumlah koleksi pribadi dan museum, termasuk musée d'Orsay dan château de Versailles. Adiknya Jacques (1872–1952) adalah seorang sejarawan, kritikus seni, direktur artistik, dan editor majalah L'Illustration, dan direktur sebuah perusahaan nasional.

Karya[sunting | sunting sumber]

Œdipe condemns Polynice
Tableau du prix de Rome
Ambroise Thomas
Claude Debussy

Murid[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • François Antoine Vizzavona, Portrait de l'Artiste en Académicien
  • Jacques Baschet, Marcel Baschet, sa vie, son œuvre, Imp Sadag, L'Illustration, 1942
  • Joseph Uzanne, Figures contemporaines tirées de l'album Mariani, Librairie Henri Floury Paris, vol. VI, 1901

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles Saunier, "La peinture au XXe siècle", Larousse, Coll. Anthologie d'art français, pp.II, 3.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]