Manwoldae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Manwoldae
Lukisan Kim Hong-do, Kyehoe di Situs Manwoldae
Nama Korea
Josŏn-gŭl
Hanja
Alih AksaraManwoldae
McCune–ReischauerManwŏltae

Istana Manwoldae (만월대 arti harfiah istana bulan purnama) adalah istana kerajaan resmi Dinasti Goryeo. Terletak di ibu kota kuno Kaesong, istana ini hancur sama sekali pada masa invasi Serban Merah ke Goryeo pada abad ke-14.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan istana dimulai pada tahun 919, pada awal Dinasti Goryo; istana ini dibangun di selatan Pegunungan Songak karena fengsui yang bagus. Istana ini dibagi menjadi dua bagian utama; Kungsŏng (궁성, 宮城), di mana raja dan keluarga kerajaan tinggal, dan Hwangsŏng (황성, 皇城), di mana urusan negara dijalankan. Gedung-gedung besar seperti Changhwa (장화전, 長和殿), dan Balairung Wŏndŏk (원덕전, 元德殿) terdapat kuil-kuil dan tempat tinggal, sementara Balairung Hoegyŏng (회경전, 會慶殿), yang terbesar dan paling mengesankan, terdapat ruang takhta. Kompleks ini juga terdapat sebuah menara astronomi batu, dikenal sebagai Chŏmsŏngdae (첨성대, 瞻星臺), yang digunakan oleh para ahli astrologi kerajaan. Istana ini terbakar habis pada tahun 1361 ketika invasi Serban Merah ke Goryeo, yang menjarah kota Kaesong dan memaksa raja untuk sementara melarikan diri ke Andong.[1] Catatan-catatan kontemporer menggambarkan istana ini memiliki bangunan-bangunan berukuran besar mirip dengan ukuran bangunan yang ditemukan di Kota Terlarang. Gaya arsitektur dan dekorasi dikatakan telah mengikuti palet warna kerajaan Korea yang unik yang disebut Dancheong, yang terlihat di istana-istana Korea lainnya yang masih berdiri hingga saat ini. Namun, Istana Mandoldae digambarkan memiliki banyak bangunan-bangunan bertingkat, lebih banyak hiasan emas, biru, dan putih dibandingkan dengan istana-istana Korea yang masih bertahan dari Dinasti Joseon Konfusius termutakhir, yang menekankan kerendahan hati dan menahan diri dalam segala hal. Oleh karena itu, Manwoldae memberi kita wawasan berharga tentang bentuk lain yang berbeda dari arsitektur istana Korea yang telah dilupakan karena invasi-invasi asing dan saat ini lokasi situs istana-istana ini di Republik Rakyat Demokratik Korea yang terpencil.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Istana ini dianggap memiliki ubin atap seladon biru, yang mirip dengan ubin galian lainnya yang berasal dari periode yang sama.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Chung, Ah-young (2009-01-04). "Ancient Site of Goryeo Palace Unveiled". The Korea Times. Diakses tanggal 2009-02-17. 
  2. ^ "Celadon Concave Roof-end Tile with Scroll Design in Relief". National Museum of Korea. 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-19. Diakses tanggal September 26, 2014.