Mantis (Marvel Comics)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mantis adalah sebuah karakter fiksi yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh "Marvel Comics". Mantis digambarkan sebagai anggota dari Avengers dan Guardian of the Galaxy, dan sebagai istri dari Kang the Conqueror, juga ibu dari Sequoia.

Karakter Mantis awalnya mendapat peringkat ke 99 dalam nominasi “100 Wanita Terseksi dalam Komik” menurut survey Comic Buyer’s Guide. Aktris Pom Klementieff memerankan karakter ini dalam sejumlah film Marvel Cinematic Universe yaitu Guardian Galaxy Vol. 2 (2017), Avengers: Infinity War (2018), Avengers: Endgame (2019), Thor: Love and Thunder (2022), dan Guardian of the Galaxy Vol. 3 (2023).

Sejarah publikasi[sunting | sunting sumber]

Debut pertama Mantis pertama kali dalam komik The Avengers #112 (Juni 1973), digambar oleh Don Heck and ditulis oleh Steve Englehart, dalam judul kisah “Celestial Madonna”. Setelah putus dengan Marvel Comics, Englehart membawa cerita dan karakter Mantis ke 3 perusahaan komik barunya sebelum akhirnya karakter ini kembali ke Marvel. Berpindah dari Marvel ke DC, kemudian dari DC ke Eclipse, Eclipse ke Image, dan kemudian kembali lagi ke Marvel.

Biografi tokoh fiksi[sunting | sunting sumber]

Mantis memilki perpaduan darah Vietnam dan darah Jerman dari ayahnya Gustav Brandt, serta lahir di Hue, Vietnam. Waktu kecil ia ditinggalkan oleh ayahnya di Vietnam dalam sebuah kuil milik alien Priests of Pama, salah satu sekte dari alien Kree. Bangsa Kree percaya bahwa nantinya Mantis akan menjadi incaran para Celestial dan menikah dengan Celestial tertua di bumi Cotati dan menjadi ibu dari Celestial yang paling ditunggu kelahirannya yaitu Sequoia, salah satu mahluk terpenting dalam universe.