Mangkuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Usuicha, mangkuk khas upacara minum teh Jepang

Mangkuk atau Mangkok adalah alat makan yang berbentuk cekung, di mana makanan diletakkan, terbuat dari porselen, batu, plastik, logam, atau gelas. Bentuknya yang lebih cekung dari pada piring menyebabkan mangkuk lebih cocok untuk meletakkan makanan yang berkuah banyak(tidak mudah tumpah). Kadang-kadang kayu juga digunakan. Ada juga mangkuk yang berfungsi sebagai penghias ruangan, biasanya berupa mangkuk yang banyak hiasannya atau berbahan logam mulia atau batu mulia. Mangkuk juga ada bermacam-macam ukuran. Untuk mangkuk sekali pakai biasanya digunakan bahan dari kertas atau styrofoam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mangkuk ditemukan selama penggalian arkeologi di Amerika Utara, antropolog Vincas Steponaitis mendefinisikan mangkuk dengan dimensinya, menulis bahwa diameter mangkuk yang jarang jatuh di bawah setengah tinggi dan bahwa mangkuk bersejarah dapat diklasifikasikan oleh tepi mereka, atau bibir, dan bentuk . Inggris / Amerika mangkuk sup standar memiliki mulut, pembukaan tidak termasuk sejauh mana bibir nya, dengan diameter 18,5 cm, dan harus mampu mengakomodasi setidaknya 24 ons cairan memadai.

Dalam klasik Yunani, mangkuk kecil, termasuk phiales dan Pateras, dan cangkir berbentuk mangkuk yang disebut kylices digunakan. Sejarah Pottery Kuno menjelaskan bagaimana phiales digunakan untuk persembahan dan termasuk lekukan kecil di tengah untuk mangkuk yang akan diadakan dengan jari, meskipun satu sumber menunjukkan bahwa ini digunakan untuk menahan parfum daripada anggur. Beberapa contoh Mediterania dari Zaman Perunggu Manifest rumit dekorasi dan kecanggihan desain. Misalnya jembatan menyemburkan desain kapal muncul di Minoan di Phaistos. [1] Dalam tembikar Cina ada banyak mangkuk rumit dicat dan kapal-kapal lain dating ke periode Neolitik. Pada 2009, ditemukan tertua berusia 18.000 tahun. [2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]