Manamakeri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Manamakeri atau Manamaker merupakan sebuah mitos atau cerita rakyat yang tekenal di Papua. Cerita Manamakeri ini merupakan cerita rakyat yang berasal dari suku Biak, Papua. Cerita ini menceritakan tentang seorang Manamakeri yang badannya penuh dengan kudis (kurap),tetapi memiliki kekuatan supranatural.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Ceritanya berawal dari kepergian Manamakeri dari kampungnya karena merasa dikucilkan baik oleh orang kampung tersebut maupun oleh keluarganya sendiri. Setibanya dikampung yang baru Manamakeri kemudian memilih untuk tinggal dikampung tersebut, sampai kemudian terjadi pertemuannya dengan Sampari (bintang pagi/bintang kejora) dan kemudian Manamakeri beserta anak dan istrinya kemudian meninggalkan kampung tersebut untuk berlayar dan mencari kampung atau tempat tinggal yang baru. Diakhiri perjalanannya sebelum meninggalkan Numfor (pulau yang ditemukan Manamakeri), ia berjanji jika suatu saat ia akan kembali untuk membawa kehidupan yang lebih baik bagi orang-orang di Papua.

Cerita atau mitos inilah yang merupakan awal atau dasar dari pergerakan yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka, dimana menurut mereka kehidupan yang lebih layak akan datang dari seorang pemimpin yang merupakan orang Papua asli.

Refrensi[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.