Mama (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Mama"

EXO-K Versi Korea (kiri) and EXO-M Versi China (kanan)
Singel oleh EXO
dari album Mama
Dirilis 8 April 2012 (2012-04-8)
Format Digital download
Direkam SM Studios in Seoul, Korea Selatan
Genre Dance-pop, symphonic pop, dance
Panjang 3:32
Label S.M. Entertainment
Pencipta Yoo Young-jin
Produser Yoo Young-jin, Lee Soo-man
Kronologi singel EXO
"History"
(2012)
"Mama"
(2012)
Video musik
(Saluran) "Mama (Korean version)" di YouTube
(Saluran) "Mama (Chinese version)" di YouTube

Mama adalah sebuah lagu oleh boyband Korea Selatan/Cina EXO-K dan EXO-M. Lagu ini adalah single prolog kedua dari debut mereka "MAMA". Tersedia dalam bahasa Korea dan Mandarin, lagu itu dirilis pada 8 April 2012 oleh SM Entertainment.

Rilis dan Promosi[sunting | sunting sumber]

Mama ditulis dan diproduseri oleh Yoo Young-jin. Lagu ini dirilis dalam 2 bahasa yang berbeda, yaitu bahasa Korea oleh EXO-K dan Mandarin oleh EXO-M. Video musik dari lagu yang dirilis di YouTube pada tanggal 8 April 2012, satu hari sebelum lagu dibuat tersedia untuk download melalui iTunes Store dan Korea dan di online Cina.

EXO-K dan EXO-M dilakukan kedua versi selama pra-debut menampilkan mereka pada 31 Maret 2012 di Seoul, Korea Selatan, diikuti dengan kinerja kelompok kedua untuk menampilkan kedua mereka di Beijing, Cina pada tanggal 1 April.

Pada tanggal 8 April, EXO-M membuat debut televisi di acara China's 12th Yinyue Fengyun Bang Awards, menampilkan lagu "Mama". Di hari yang sama, EXO-K membuat debut televisi mereka di program musik SBS The Music Trend, menampilkan "History" dan lagu resmi debutnya "Mama". Kelompok ini juga membawakan lagunya di MNet M! Countdown pada 12 April 2012, di KBS Music Bank pada 13 April dan di MBC Show! Music Core pada 13 April.

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Dua musik video "History" dirilis di YouTube pada tanggal 8 Maret 2012 melalui saluran resmi SM Entertainment, SMTOWN. Setiap video musik, meskipun tercatat dalam dua versi yang berbeda, menampilkan semua dua belas anggota EXO. Kedua video musiknya difilmkan selama tiga hari di berbagai tempat di Korea Selatan.

Dua video mulai dengan animasi yang sama dan suara bahasa Inggris lebih menggambarkan kelahiran dua belas kekuatan legendaris yang masuk ke dua kekuatan yang terpisah untuk "tetap hidup jantung pohon kehidupan," yang sedang ditaklukkan oleh kekuatan jahat. Dua legenda membagi pohon kehidupan di setengah, dan membawa masing-masing bagian untuk tanah mereka sendiri. Narasi ini kemudian menyatakan bahwa kedua legenda akan "menyatukan kembali menjadi satu akar sempurna" pada hari kekuatan jahat memurnikan. Setelah pendahuluan, semua dua belas anggota EXO muncul mengenakan jubah saat mereka berjalan ke tengah ruangan melingkar gelap terang. Lagu ini dimulai dengan nyanyian Gregorian, dan anggota untuk mencari cahaya terang di langit serempak. Sepanjang video, ada gambar close-up dari anggota melakukan kekuatan mereka sendiri dengan berurutan diselingi tarian koreografer. Akhir video dengan masing-masing kelompok menyelesaikan tarian mereka, dan mereka berdua dekat dengan logo EXO.

Charts[sunting | sunting sumber]

Chart (2012) Peak
position
China (Baidu New Singles Top 100) 6
China (Baidu Singles Top 500) 6
China (Baidu Chinese Golden Singles Chart)
China (Sina.com|Sina New Singles Chart) 1
China (Sina Hot Singles Chart) 7
South Korea (Gaon Single Chart) 31
USA (Korea K-Pop Hot 100) 89
"—" denotes releases that the single did not chart.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]