Malik Kafur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Malik Kāfūr
"Tindakan terakhir Malik Naib Kafur, 1316 M". Imajinasi artis dari abad ke-20
Nama lainTāj al-Dīn 'Izz al-Dawla, Malik Nā'ib, Hazār-Dīnārī, al-Alfī[1]
MeninggalFebruari 1316
Delhi
PengabdianKesultanan Delhi
PangkatNa'ib (wali raja)
Perang/pertempuran

Malik Kafur (bahasa Urdu: ملک کافور; meninggal 1316), juga dikenal dengan nama Taj al-Din Izz al-Dawla, adalah seorang kasim dan jenderal-budak dari Kesultanan Delhi pada masa kekuasaan Alauddin Khalji. Awalnya ia ditangkap oleh salah satu jenderal Alauddin, Nusrat Khan, pada saat Alauddin sedang menyerbu Gujarat pada tahun 1299.

Sebagai komandan pasukan Alauddin, Kafur berhasil mematahkan serangan Mongol ke India pada tahun 1306. Kemudian, ia melancarkan sejumlah ekspedisi militer ke wilayah selatan India melawan Yadava (1308), Kakatiya (1310), Hoysala (1311) dan Pandya (1311). Pada masa ini, ia berhasil merampas banyak harta benda, gajah dan kuda untuk Kesultanan Delhi.

Pada tahun 1313-1315, Kafur menjadi Gubernur Devagiri. Saat Alauddin jatuh sakit pada tahun 1315, ia dipanggil kembali ke Delhi dan ia memegang kekuasaan sebagai seorang Na'ib (wali raja). Sesudah kematian Alauddin, ia mencoba merampas kekuasaan dengan mengangkat anak laki-laki Alauddin, Shihabuddin Omar, sebagai raja boneka. Namun, masa perwaliannya tidak bertahan lama karena ia malah dibunuh oleh mantan penjaga pribadi Alauddin. Anak laki-laki Alauddin yang lebih tua, Mubarak Shah, lalu menggantikannya sebagai wali dan kemudian merampas kekuasaan untuk dirinya sendiri.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  1. ^ S. Digby 1980, hlm. 419.