Sakti, Pidie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sakti
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Aceh
Kabupaten Pidie
Pemerintahan
 • Camat M.Rizal SE
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan Desa Pasar Kotabakti, Mns.Blang, Mns.Balee, Mns.Dayah Kp.Pisang, Perlak Asan, Perlak Baroh, Pulo Keureumbok, Mali Guyui, Mali Lamkuta, Mali Mns.Ukee, Mali Mns Eumpeh, Mali Mesjid, Mali Cot, Tangkueng

Sakti adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pidie, Aceh, Indonesia.

Kota Bakti atau Lameulo merupakan pusat kegiatan pemerintahan Kecamatan Sakti. Kecamatan Sakti dahulunya pernah menjadi Kewedanaan, dimana gedung Pemerintahannya masih berdiri kokoh arah selatan kota yang saat ini cukup disayangkan terlantar tanpa perawatan yang pantas. Ke arah timur kota menelusuri jalan menuju Meunasah Dayah Kampung Pisang, berdiri kokoh bangunan bekas Pergadaian, dan bangunan Penjara (Rutan), didepannya ada Gedung Kantor Koramil. Menelusuri Jalan menuju Tangse diarah kiri jalan berjajar mulai dari Kantor KUA, Puskesmas, SMA Negeri 1 Sakti, Kantor Pos & Giro, Rumah Dinas Camat, Kantor Kehutanan, diarah kanan jalan terdapat SDN 2, SMPN 3. Berseberangan jalan ke arah Barat dari Bekas Kantor Wedana terdapat SMP 1, dan Kantor Dinas Pendidikan. Gedung Pemerintahan lainnya terdapat arah Barat menelusuri Jalan Jabal Ghafur, yang terdiri dari Polsek Sakti (sisi kanan jalan), SDN Sakti (kiri Jalan), Kantor Pengadilan (kiri Jalan), Kantor Pertanian (Kanan Jalan), bangunan kantor BRI (ditempati Pegawainya, sedang Kantornya berada di Jln Tgk,Chiek di Tiro), sawah, dan Kantor Camat (kanan jalan diapit sawah). Gedung Pemerintahan yang terletak arah utara menuju Beureunuen ada MTsN bersebelahan dengan Kantor Kejaksaan.

Di Kecamatan ini terdapat 7 Kemukiman, yakni Kemukiman Bakti, Murong, Kandang, Langga, Lameue, Leupeuem dan Mali. Di setiap Kemukiman terdapat 1 mesjid. Mesjid ibu kota kecamatan bernama Masjid Istiqamah terletak di persimpangan jalan, ke selatan menuju Tangse-Meulaboh, barat menuju Kampung Jeumpa, Lameue, Suwiek, Glee Gapui, Iloet, Garot, Pidie berbelok kearah utara menuju Sigli, utara ke Mali, Teureubue, Beureunuen dan arah timur menuju desa Perlak Asan, Pulo Drien dan Gumpueng yang dapat ke Kecamatan Tiro bila berbelok ke selatan, juga bila berbelok ke utara akan menuju Beureunuen.

Sebagian besar masyarakatnya adalah petani dan pekebun, ada juga yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil/Militer, Pegawai Swasta, pedagang, montir, ustadz/mubalig dan lain-lain.

Kebanyakan anak usia sekolah belajar di lembaga-lembaga pendidikan di kecamatan ini sejak dari tingkat PAUD Hingga SMA/MAN. Adapun lembaga-lembaga Pendidikan yang ada di kotabakti adalah sebagai berikut: PAUD Moun Hayati Mali, TK Pertiwi, RA Dayah Sakti, RA Khairul Amilin, SDN 1, SDN 2, SDN 3 (sekarang dilebur ke SDN 2), SDN 4, SDN Sakti, SDN Mali, SDN Cumbok, SDN Cot Murong, MIN Mali, MIN Kotabakti (di Kampung Pisang Bucue), MIS Sakti, MIS Cot Murong, tingkat SLTP terdiri dari SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4 (di Lameue), SLTA terdiri dari SMAN 1 Sakti dan MAN , namun ada juga yang di luar kecamatan. Bagi yang ingin masuk Perguruan Tinggi harus ke Kota Sigli atau tempat lain, karena di Kecamatan Sakti belum ada Perguruan Tinggi. Sebagian dari anak usia sekolah tersebut ada juga yang masuk pesantren/dayah. Baik lokal maupun di luar kecamatan.