Malai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diagram malai

Malai adalah perbungaan yang bercabang banyak. [1] Beberapa penulis membedakannya dari perbungaan paku majemuk, dengan mensyaratkan bahwa bunga (dan buah ) menjadi tangkai bunga(memiliki satu batang per bunga). Cabang-cabang malai hampir sama seperti tandan . Sebuah malai mungkin memiliki pertumbuhan yang pasti atau tidak tentu.

Jenis perbungaan ini sebagian besar merupakan karakteristik rerumputan seperti haver dan rumput ketam, [a] serta tanaman lain seperti pistachio dan mamoncillo . Ahli botani menggunakan istilah pemalaian dalam dua cara: "memiliki perbungaan malai sejati" [b] serta "memiliki perbungaan dengan bentuk tetapi belum tentu struktur malai".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hickey, M.; King, C. (2001). The Cambridge Illustrated Glossary of Botanical Terms. Cambridge University Press. hlm. 30. ISBN 978-0521790802. A much-branched inflorescence.  (softcover ISBN 978-0521794015).


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan