Maia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Maia sedang dirayu Hefaistos.

Maia (Bahasa Yunani: Μαἳα) dalam mitologi Yunani adalah anak tertua di antara para Pleiad, ketujuh putri Atlas dan Pleione. Dia dan adik-adiknya, lahir di Gunung Killene di Arkadia.

Dia dan adik-adiknya dikejar-kejar oleh Orion, dan berubah menjadi merpati untuk menjaga keselamatan mereka. Di tengah malam, Zeus meniduri Maia sehingga dia melahirkan Hermes. Setelah Hermes lahir, Maia membungkusnya dengan selimut dan pergi tidur. Hermes yang tumbuh dengan cepat kemudian merangkak ke Thessaly, dan ketika berumur satu hari, dia sudah mencuri beberapa ternak milik Apollo dan menciptakan Lyra. Maia menolak untuk percaya ketika Apollo memberitahunya bahwa Hermes adalah pencuri, tetapi Zeus berpihak kepada Apollo. Akhirnya, Apollo menukar ternaknya untuk lira ciptaan Hermes.

Maia juga mengadopsi Arkas untuk melindunginya dari Hera, yang telah mengubah ibunya, Kallisto, menjadi beruang. Arkas adalah Eponim dari Arkadia.

Dalam mitologi Romawi, Maia dikenal sebagai Maia Maiestas (juga disebut Fauna, Bona Dea, dan Ops), Bulan Mei dinamai berdasarkan namanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]