Mahabhashya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mahābhāṣya (bahasa Sanskerta: महाभाष्य, dibaca [məɦɑːbʱɑːʂjə], 'uraian besar'), yang disebut karya Patanjali, adalah uraian terhadap aturan-aturan tata bahasa Sanskerta dari risalah Panini, Ashtadhyayi, dan Varttika karya Kātyāyana, elaborasi karya Panini.[1] Kitab itu ditulis sekitar abad ke-2 SM.

Patanjali adalah salah satu dari tiga ahli tata bahasa Sanskerta yang paling terkenal dari India Kuno; dua lainnya adalah Panini dan Kātyayana yang mendahului Patanjali (sekitar 150 SM). Karya Kātyayana tersedia hanya melalui referensi dalam karya Patanjali.

Melalui Patanjali, ilmu pengetahuan linguistik India mencapai bentuk sejatinya. Sistemnya ditetapkan dan diuraikan dengan sangat rinci pada shiksha (fonologi, termasuk aksen) dan vyakarana (tata bahasa dan morfologi). Sintaks adalah jarang disinggung, karena sintaks tidak penting dalam bahasa yang sangat berinfleksi, tetapi nirukta (etimologi) dibahas.

Kātyayana memperkenalkan wacana semantik ke dalam tata bahasa, yang kemudian diuraikan oleh Patanjali sedemikian rupa sehingga Mahābhāṣya dapat disebut campuran dari tata bahasa atau filsafat tata bahasa.

James R. Ballantyne (1813-1864) menerbitkan bagian pertama dari Mahābhāṣya karya Patanjali pada tahun 1856, sehingga membuka tradisi tata bahasa asli India kepada sarjana akademis Eropa yang lebih luas.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ K. Kunjunni Raja. "Philosophical elements in Patañjali's Mahābhāṣya". In Harold G. Coward, K. Kunjunni Raja. Encyclopedia of Indian philosophies. 5 (The Philosophy of the Grammarians). Motilal Banarsidass Publ. hlm. 115. ISBN 8120804260.