Mad Max

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mad Max
MadMazAus.jpg
Sutradara George Miller
Produser Byron Kennedy
Bill Miller
Penulis George Miller
Byron Kennedy
James McCausland
Pemeran Mel Gibson
Steve Bisley
Joanne Samuel
Hugh Keays-Byrne
Tim Burns
Geoff Parry
Musik Brian May
Sinematografi Daid Eggby
Penyunting Cliff Hayes
Tony Paterson
Distributor Village Roadshow Pictures
(Australia)
American International Pictures
(Amerika Serikat)
Tanggal rilis 12 April 1979
Durasi 88 menit
Bahasa Inggris
Anggaran A$400.000 (perkiraan)[1]
Pendapatan kotor AS$100.000.000
Diikuti oleh Mad Max 2

Mad Max adalah film aksi Australia tahun 1979 yang disutradarai George Miller dan ditulis oleh Miller dan Byron Kennedy. Film ini dibintangi Mel Gibson. Film ini mengisahkan tentang kerusakan moral masyarakat, cinta dan dendam. Ini juga menjadi film Australia terlaris dan membuka pasar global bagi gelombang baru film Australia.

Sekuel dari film ini adalah Mad Max 2 (The Road Warrior di Amerika Serikat) pada tahun 1981 dan Mad Max Beyond Thunderdome. Film ke-4 berformat serial berjudul Mad Max 4: Fury Road dalam masa pra-produksi.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dimulai dari pengejaran seorang anggota geng motor bernama Crawford "Nightrider" Montizano (Vincent Gil) yang kabur dari markas Main Force Patrol (MFP) dengan seorang wanita disisinya. Dia mencuri mobil Pursuit Special milik MFP. Beberapa petugas dari MFP tidak dapat menghentikannya sampai Max Rockatansky (Mel Gibson) mengejarnya dan memepetkan bemper mobilnya ke mobil Nightrider dan Nightrider tidak dapat menguasai mobilnya hingga mobilnya terguling-guling lalu meledak.

Pemimpin geng motor, Toecutter (Hugh Keays-Byrne) dan tangan kanannya Bubba Zanetti (Geoff Parry) serta anggota lainnya sedang meneror kota, mereka merusak properti kota dan mencuri bahan bakar. Max dan temannya Jim 'The' Goose (Steve Bisley) menangkap anak didik Toecutter, Johnny the Boy ketika dia tertinggal dari gengnya setelah mereka mencelakai pasangan muda. Tetapi Johnny dibebaskan karena tidak ada saksi mata. Goose marah dan menyerang Johnny, mereka berdua bersumpah akan menjatuhkan satu sama lain. Pemimpin MFP, Fifi Macafee (Roger Ward) membebaskan petugasnya untuk mengejar anggota geng yang mereka inginkan.

Keesokan harinya, Goose mengejar Johnny dengan sepeda motor, tetapi sepeda motor itu telah disabotase Johnny, sehingga dalam kecepatan tinggi Goose terlempar dan motornya rusak berat walaupun dia tidak terluka. Dia meminjam sebuah mobil untuk kembali ke kota dan memperbaiki motornya. Dalam perjalanan pulang, Johnny dan Toecutter menunggu di tebing. Ketika Goose lewat Johnny melempar drum sehingga Goose keluar jalur dan mobilnya terbalik. Johnny dan Toecutter menghampirinya. Toecutter menyuruh Johnny melemparkan korek api ke mobil Goose yang bensinnya bocor. Johnny menolak dan Toecutter mulai menganiayanya. Pada kesempatan berikutnya Johnny melempar korek yang menyala dan menghanguskan mobil yang masih ada Goose di dalamnya.

Goose mengalami luka bakar yang hebat. Max marah dan kecewa setelah melihat teman baiknya hangus di bangsal rumah sakit. Dia memilih keluar dari keanggotaan MFP karena khawatir dia akan menjadi brutal seperti anggota geng jika tetap bekerja di kepolisian. Fifi akhirnya dapat menunda keluarnya Max dengan memberinya waktu berlibur untuk berpikir kembali.

Ketika berlibur di pantai, istri Max, Jessie (Joanne Samuel) dan anak mereka tidak sengaja mendatangi geng Toecutter. Mereka berusaha menganiaya Jessie dan anaknya, namun mereka berhasil kabur. Tetapi geng Toecutter dapat melacak ke mana mereka kabur. Ketika mencoba kabur kembali mobil mereka mati. Jessie menggendong anaknya dengan berlari, namun Toecutter melindas mereka. Max datang terlambat untuk menyelamatkan mereka.

Dikuasai rasa amarah dan dendam, Max mengenakan jaket kulit polisinya dan mengambil Black Pursuit yang dikhususkan untuk mengejar geng motor. Setelah mendapatkan informasi dari mekanik yang dia ancam, Max memburu dan membunuh anggota geng. Max memaksa beberapa anggota geng menjatuhkan diri dari jembatan karena mereka sudah terjebak. Dia juga membunuh Bubba Zanetti dengan shot gun, tetapi sebelum itu lututnya tertembak dan lengannya terluka setelah terinjak motor Bubba. Dia mengejar Toecutter hingga Toecutter tetabrak truk trailer. Ketika dia menemukan Jhonny yang sedang mengambil sepatu orang yang tewas karena kecelakaan, Max memborgolnya dan dikaitkan ke mobil yang rusak. Dia melemparkan gergaji kepada Johnny. Dia menyalakan korek api dan memberikan dua pilihan untuk Johnny. Memotong borgolnya (yang memakan waktu 10 menit) atau kakinya (memakan waktu 5 menit). Ketika Max pergi, mobil itu meledak. Tanpa ekspresi, Max melaju tanpa memutar balik.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mad Max : SE". DVD Times. 2002-01-19. Diakses 2009-03-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]