Macan dahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Macan Dahan
Neofelis nebulosa.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Felidae
Genus: Neofelis
Gray, 1867
Spesies: N. nebulosa
Nama binomial
Neofelis nebulosa
(Griffith, 1821)
Clouded Leopard area.png

Macan dahan benua atau dalam nama ilmiahnya Neofelis nebulosa adalah sejenis kucing berukuran sedang, dengan panjang tubuh mencapai 95 cm. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan gambaran seperti awan dan bintik hitam di tubuhnya. Bintik hitam di kepalanya berukuran lebih kecil dan terdapat totol putih di belakang telinga. Macan dahan mempunyai kaki pendek dengan telapak kaki besar serta ekor panjang dengan garis dan bintik hitam. Macan dahan betina serupa.

Daerah sebaran macan dahan adalah Asia Tenggara, di hutan dataran rendah dan pegunungan di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina, India, dan Semenanjung Melayu. Spesies ini telah punah di alam bebas di Republik Tiongkok. Macan dahan yang hidup di Pulau Kalimantan dan Sumatera tidak lagi dianggap satu spesies dengan macan dahan benua sejak 2006 dan sekarang dimasukkan dalam spesies Neofelis diardi.

Macan dahan adalah hewan nokturnal yang aktif berburu di malam hari. Hewan ini banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan dapat bergerak dengan lincah di antara pepohonan.

Mangsa macan dahan terdiri dari aneka satwa liar berbagai ukuran seperti kera, ular, mamalia kecil, burung, rusa dan bekantan. Macan dahan menggunakan lidahnya untuk membersihkan bulu-bulu sebelum memakan mangsanya.

Karena hilangnya habitat hutan, populasi yang terus menyusut dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk diambil bulunya, konsumsi, dan obat-obatan tradisional di beberapa negara, macan dahan dievaluasikan sebagai spesies yang rentan di dalam IUCN Red List. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I.

Distribusi subspesies[sunting | sunting sumber]

Saat ini, terdapat tiga subspesies Neofelis nebulosa yang diakui, yaitu:[1]

  • N. n. nebulosa (Griffith, 1821) — tersebar dari selatan Tiongkok sampai Myanmar timur;
  • N. n. macrosceloides (Hodgson, 1853) — tersebar dari Nepal sampai Myanmar;
  • N. n. brachyura (Swinhoe, 1862) — dahulu ditemukan di Taiwan, dan dianggap telah punah sejak awal 1990-an.[2] Catatan terkonfirmasi terakhir ialah pada tahun 1989, yaitu ditemukannya kulit seekor individu muda di wilayah Taroko.[3] Hewan ini tidak terekam dalam survei ekstensif memakai kamera jebakan, yang dilakukan antara tahun 2000 sampai 2004 di Taiwan selatan.[4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sunquist, M. E., Sunquist, F. (2009). Family Felidae (Cats) In: Wilson, D. E., Mittermeier, R. A. (eds.) Handbook of the Mammals of the World - Volume 1 Carnivores. Lynx Edicions in association with Conservation International and IUCN. ISBN 978-84-96553-49-1
  2. ^ Sanderson, J., Khan, J.A., Grassman, L., Mallon, D.P. (2008). "Neofelis nebulosa". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.2. International Union for Conservation of Nature. 
  3. ^ Anonymous. (1996). The mystery of the Formosan clouded leopard. Cat News 24: 16.
  4. ^ Chiang, P.-J. (2007). Ecology and conservation of Formosan clouded leopard, its prey, and other sympatric carnivores in southern Taiwan. PhD thesis submitted to the Virginia Polytechnic Institute and State University, Virginia.