Mélida Anaya Montes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Komandan FMLN Ana Maria, dianggap sebagai ikon perempuan pejuang di Amerika Latin.

Mélida Anaya Montes (17 Mei 1929 - 6 April 1983) adalah seorang perempuan tokoh perjuangan, orang kedua di FMLN, El Salvador. "Nom de guerre"-nya adalah Ana Maria.

Anaya Montes adalah seorang intelektual. Ia dianggap sebagai ikon di antara kaum perempuan pejuang di seluruh wilayah ini. Pada akhirnya ia dibunuh oleh teman-temannya sendiri pada 6 April 1983 di Managua, Nikaragua, setelah banyak berkorban selama hidupnya sebagai seorang gerilyawan.

Belakangan FMLN mempersalahkan pemimpinnya, Cayetano Carpio (kadang-kadang disebut sebagai "Ho Chi Minh dari Amerika Latin") sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kejahatan ini, dan karena itu kemudian ia bunuh diri.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Anaya Montes dilahirkan di kota kecil Santiago Texacuangos, di wilayah tengah El Salvador. Anaya Montes memperoleh gelar Doktor Pendidikan dari Universitas El Salvador. Di universitas yang sama ia menjadi profesor pendidikan dan mengajar pada tahun 1960-an. Ia menjadi asisten direktur dari Universitas Alberto Masferrer University.

Pada akhir 1960-an, ia menjadi salah satu pemimpin utama dari organisasi "ANDES 21 de Junio" (Perhimpunan Nasional Guru El Salvador 21 Juni). Ia memimpin pemogokan para dosen pada 1968 dan 1971, yang menciptakan masalah besar bagi pemerintahan Kolonel Fidel Sanchez Hernandez.

Pada 1970, bekas Sekretaris Jenderal Partai Komunis El Salvador, Salvador Cayetano Carpio mendirikan detasemen gerilyawan pertama di El Salvador: Pasukan Pembebasan Rakyat Farabundo Martí (FPL).

Warisan[sunting | sunting sumber]

Anaya Montes terus menjadi ikono teladan bagi para pendidik dan mereka yang berjuang melawan penindasan, khususnya di El Salvador. Sekolah Bahasa Melida Anaya Montes di San Salvador, yang menggunkan teknik-teknik pendidikan rakyat dengan menyoroti masalah-masalah keadilan sosial, diberi nama untuk mengenangnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]