Lungi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seorang anak lelaki di desa Narail, Bangladesh yang memakai lungi.

Lungi, juga dikenal sebagai sarung , adalah pakaian yang dikenakan di pinggang. Lungi digunakan di India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar, Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, Tanduk Afrika dan Semenanjung Arab selatan. Pakaian ini populer di daerah panas tempat celana panjang tidak nyaman dipakai.

Desain[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti dhoti yang berbentuk lembaran, lungi dijahit menjadi bentuk tabung seperti rok. Namun, lungi "terbuka" yang lebih murah tersedia dalam dimensi yang serupka tanpa dijahit menjadi bentuk tabung. Ukuran standar Lungi untuk dewasa adalah 115 cm (tinggi) dan 200 cm (panjang), ketika dibuka. Sementara untuk anak-anak biasanya berukuran sekitar 2/3-nya. Lungi biasanya dijahit dari kapas dalam berbagai desain dan warna. Lungi sutra sering digunakan dalam upacara khusus, misalnya pernikahan. Gaya yang paling umum adalah padat berwarna dan kotak-kotak. Warna yang populer adalah biru. Lungi seringkali mendapat jahitan dengan kain tambahan berwarna hitam atau putih di bagian atas dan bawahnya untuk mencegah lungi tersebut berjumbai

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa lungi yang dibeli di Dhaka.
Pinggiran lungi bangladesh, terlihat adalanya jahitan hitam dan putih untuk mencegah lungi menjadi berjumbai.

Berdasarkan tardisi lokal, lungi bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Lungi diikat dengan berbagai cara, dan dapat digunakan dalam berbagai aktivitas, mulai dari kegiatan sehari-hari sampai upacara pernikahan. Untuk penggunaan sehari-hari, biasanya digunakan "simpul ganda", yaitu dengan menalikan dua bagian atas lungi sebanyak dua kali lalu melipatnya di pinggang. "Simpul pretzel" ganda juga sering digunakan supaay ikatannya tidak mudah terlepas. Panjang lungi dapat diatur dengan cara melipatnya di bagian pinggang.