Lokasi penyelenggaraan Pesta Olahraga Amerika 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta lokasi tempat pertandingan
Peta lokasi tempat pertandingan

Tempat pertandingan pada Pan American Games 2007 berlokasi di 15 tempat.

Marapendi Club[sunting | sunting sumber]

Marapendi Club adalah lokasi untuk pertandingan tenis. Memiliki kapasitas 5 ribu penonton (pada lapangan utama) dan sekitar 2 ribu penonton pada 9 lapangan lainnya.

Marapendi Club pernah digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Davis. Marapendi memiliki fasilitas tenis yang baik, dengan lapangan dari tanah liat, yang akan dikembangkan untuk penyelenggaraan Pan American Games 2007. Lapangan utama akan menjadi fasilitas sementara, dan 9 lapangan lainnya akan digunakan untuk pertandingan. Selain itu, Marapendi hanya 5km jauhnya dari Pan-American Village (kampung atlet).

Speedway Sports Complex[sunting | sunting sumber]

Speedway Sports Complex adalah lokasi untuk pertandingan senam artistik, bola basket, balap sepeda (trek), loncat indah, skating, renang dan renang indah. Memiliki kapasitas 15.000 penonton untuk Rio Multipurpose Arena (senam artistik dan bola basket), 15.000 penonton untuk Aquatic Center (loncat indah, renang dan renang indah), dan 1.500 penonton untuk Barra Velodrome (balap sepeda nomor trek dan speed skating).

Kompetisi penting internasional pernah diadakan di Speedway Sports Complex seperti Formula 1, Indy/CART dan Rio International Speedway. Speedway Sports Complex merupakan salah satu fasilitas yang berjarak 6 mil dari Pan American Village (kampung atlet).

Outeiro Hill[sunting | sunting sumber]

Outeiro Hill adalah lokasi untuk pertandingan balap sepeda nomor sepeda gunung dan BMX. Memiliki kapasitas 2.000 penonton.

Berlokasi dekat dengan Speedway dan Riocentro dan sekitar 6 menit perjalanan dari kampung atlet. Lokasi pertandingan ada pada wilayah lapangan hijau yang luas, yang nantinya akan diubah menjadi pusat olahraga yang permanen.

Riocentro Sports Complex[sunting | sunting sumber]

Riocentro Sports Complex adalah lokasi untuk pertandingan bulu tangkis, tinju, anggar, senam (ritmis dan trampolin), bola tangan, judo, tenis meja, taekwondo, angkat berat dan gulat. Memiliki kapasitas 2.200 penonton untuk paviliun 2 (tinju dan angkat berat), 2.200 penonton untuk paviliun 3A (anggar, senam ritmis dan trampolin), 3.200 penonton untuk paviliun 3B (futsal dan bola tangan), 3.300 penonton untuk paviliun 4A (judo, taekwondo, gulat) dan 2.500 penonton untuk paviliun 4B (bulu tangkis dan tenis meja).

Riocentro dibuka pada 1977, merupakan pusat pameran terbesar di Amerika Latin. Dirancang dan dibangun khusus untuk kegiatan-kegiatan yang besar. Riocentro pernah digunakan untuk penyelenggaraan United Nations Earth Summit (ECO 92) dan Rio Oil & Gas Expo 2002. Riocentro memiliki 5 paviliun yang saling berhubungan oleh 16m lorong penghubung, memiliki total wilayah sekitar 100.029m² memunkinkan untuk pameran dan 22,500m² untuk kegiatan terbuka, dan memiliki tempat parkir untuk 5.000 mobil dan 60 bus.

Riocentro merupakan salah satu fasilitas yang berjarak 10km dari Pan American Village (kampung atlet). Paviliun 1 akan digunakan untuk IBC (International Broadcasting Center) dan paviliun 5 untuk MPC (Main Press Center).

Cidade do Rock Sports Complex[sunting | sunting sumber]

Cidade do Rock Sports Complex adalah lokasi untuk pertandingan bisbol dan sofbol. Memiliki kapasitas 3.000 orang untuk Baseball Stadium dan 2.000 orang untuk Softball Stadium.

Wilayah dengan luas 250,000 m² dikenal dengan Cidade do Rock (Rock City) karena digunakan untuk menyelenggarakan Rock in Rio I dan III, dua festival musik internasional utama. Selama Pan American Games 2007 dibangun fasilitas sementara untuk pertandingan bisbol (stadion dan lapangan latihan), dan sofbol (stadion). Cidade do Rock merupakan salah satu wilayah yang berjarak 10km dari Pan American Village (kampung atlet).

Barra Bowling Center[sunting | sunting sumber]

Barra Bowling Center adalah lokasi untuk pertandingan boling.

Barra Shoping saat ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Amerika Latin. Terdapat 664 toko dan 9.400 tempat parkir yang dibangun pada tanah seluas 165,500 m². Diresmikan pada 1981, pusat perbelanjaan ini menawarkan layanan yang bervariasi termasuk klinik dengan 30 spesialis, 11 gedung kantor, 18 bioskop, dan lintasan boling, Barra Bowling, yang termasuk 20 lintasan boling modern di Amerika Latin.

Zico Football Center[sunting | sunting sumber]

Zico Football Center adalah lokasi untuk pertandingan sepak bola dan hoki. Memiliki kapasitas untuk 3.000 orang.

Zico Soccer Center didirikan oleh salah satu pemain sepak bola terbaik Brasil sepanjang masa. Setelah bermain bagi tim nasional brasil, Flamengo (Rio) dan Udinese (Udine, Italia), Zico mulai mendedikasikan dirinya untuk talenta yang baru. Pada 1996, dia membuka Zico Soccer Center di tanah seluas 36.000 m². Zico Soccer Center merupakan salah satu fasilitas yang berjarak 10km dari Pan American Village (kampung atlet).

Miécimo da Silva Sports Complex[sunting | sunting sumber]

Miécimo da Silva Sports Complex adalah lokasi untuk pertandingan sepak bola, karate, skating dan squash. Memiliki kapasitas untuk 4.000 orang.

Algodão Gymnasium, berlokasi di Miécimo da Silva Sport Complex, merupakan salah satu fasilitas paling modern di Brasil. Diresmikan pada 1997, dan didirikan di tanah seluas 64.000 m² dan berlokasi 45 menit jauhnya dari Pan American Village (kampung atlet). Sebelumnya pernah mengadakan pertandingan antara tim (Amerika) Magic Johnson dengan tim Oscar Schmidt.

Deodoro Sports Complex[sunting | sunting sumber]

Deodoro Sports Complex adalah lokasi untuk pertandingan panahan, berkuda (tunggang serasi, trilomba dan lompat rintangan), hoki, pancalomba modern (menembak, anggar, renang, berkuda nomor lompat rintangan dan lari) dan menembak. Memiliki kapasitas 1.000 orang untuk Deodoro Archery Center, 3.000 orang untuk National Equestrian Center, 1.000 orang untuk Deodoro Modern Pentathlon Center, 1.000 orang untuk National Shooting Center dan 2.000 orang untuk Hockey Center.

Deodoro Military Center, berada di wilayah barat Rio de Janeiro, berlokasi 26 menit jauhnya dari Pan American Village (kampung atlet).

João Havelange Stadium[sunting | sunting sumber]

João Havelange Stadium adalah lokasi untuk pertandingan atletik dan sepak bola. Memiliki kapasitas untuk 45.000 orang.

João Havelange berjarak 13 km jauhnya dari Pan American Village (kampung atlet). Dapat dijangkau dengan menggunakan jalan tol yang menghubungkan distrik Engenho de Dentro, dimana stadion berada, dengan Barra da Tijuca.

Maracanã Sports Complex[sunting | sunting sumber]

Maracanã Sports Complex adalah lokasi untuk pertandingan atletik (garis finish untuk maraton), sepak bola, polo air dan bola voli dan untuk upacara pembukaan dan upacara penutupan. Memiliki kapasitas 95.000 orang untuk Maracanã Stadium (upacara pembukaan dan penutupan, sepak bola), 13.000 orang untuk Maracanãzinho Arena (bola voli), dan 5.000 orang untuk Júlio Delamare Aquatic Center (polo air).

Dibangun pada Piala Dunia 1950, Maracanã Stadium merupakan stadion terbesar di dunia. Sekitar 50 tahun kemudian, menjadi tuan rumah untuk Piada Dunia Club FIFA I. Menjadi salah satu simbol terkenal di Rio, mengalami modernisasi beberapa kali. Maracanãzinho Arena dibangun empat tahun setelah Maracanã dan pernah digunakan untuk Kejuaraan Dunia Bola Basket Pria (1963), dan Bola Voli (1990), serta konser-konser musik berskala internasional. Júlio Delamare Aquatic Center, selesai dibangun pada 1978, merupakan tambahan terakhir pada komplek olahraga ini. Maracanã Sports Complex dibangun pada tanah seluas 195,600m², termasuk Célio de Barros Track and Field Stadium.

Glória Marina[sunting | sunting sumber]

Glória Marina adalah lokasi untuk pertandingan layar. Memiliki kapasitas untuk 1.000 orang.

Guanabara Bay merupakan pintu utama untuk kapal-kapal yang masuk ke Rio melalui laut. Memiliki 53 pantai dengan panjang 131km, dan dengan luas wilayah 381km² memiliki 42 pulau. Pertandingan layar akan diadakan di Glória Marina, dengan 40 menit jauhnya dari Pan American Village (kampung atlet).

Flamengo Park[sunting | sunting sumber]

Flamengo Park adalah lokasi untuk pertandingan atletik (maraton dan jalan cepat) dan balap sepeda (nomor jalan raya). Memiliki kapasitas 1.000 orang.

Flamengo Park, dikenal juga dengan nama Brigadeiro Eduardo Gomes Park, merupakan taman hiburan terluas di Rio. Dengan luas lebih dari 1.000.000m² di lapangan hijau, Flamengo Park adalah bagian dari Volta do Rio cycling race, kompetisi di Amerika Latin yang memberikan nilai terbanyak kepada pemenangnya dalam peringkat UCI (International Cycling Union). Berlokasi di garis pantai Guanabara Bay, Flamengo Park memiliki taman-taman yang dibuat oleh Burtle Marx dan menjadi rumah bagi Museum Seni Modern, Carmen Miranda Museum, Monumen untuk memperingati korban Perang Dunia II.

Copacabana Beach[sunting | sunting sumber]

Copacabana Beach adalah lokasi untuk pertandingan renang alam terbuka (maraton), trilomba, dan bola voli pantai. Memiliki kapasitas 5.000 orang untuk Beach Arena (bola voli pantai), 2.000 orang untuk Open Water, dan 2.000 orang untuk pertandingan trilomba.

Copacabana Beach adalah salah satu pantai utama dunia dan berjarak 30 menit dari Pan American Village (kampung atlet).

Lagoa Rodrigo de Freitas[sunting | sunting sumber]

Lagoa Rodrigo de Freitas adalah lokasi untuk pertandingan Kano-Kayak, ski air, dan dayung. Memiliki kapasitas untuk 3.000 orang.

Lagoa merupakan salah satu daerah yang memiliki pemandangan yang indah. Stadion dayung yang sudah ada akan direnovasi untuk memberikan kenyamanan kepada penonton yang datang. Lagoa berlokasi di jantung wilayah selatan Rio, berjarak 25 menit dari Pan American Village (kampung atlet).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]