Beijing Menari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Olimpiade Beijing 2008

Logo Olimpiade Musim Panas 2008 diberi nama Dancing Beijing. Pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2003 dalam upacara yang dihadiri oleh 2.008 orang di Qi Nian Dian (祈年殿)—Hall of Prayer for Good Harvests di Temple of Heaven (天壇 atau 天坛), Beijing.

Logo tersebut menggabungkan berbagai elemen-elemen dari budaya Tionghoa, digambarkan dalam sebuah stempel merah di atas kata "Beijing 2008" dan gelang-gelang Olimpiade. Stempel tersebut dibentuk oleh sebuah kaligrafi karakter 京 (jing, ibu kota nasional) dalam bentuk menari. Lekukan-lekukan yang ada dibentuk seperti lekukan tubuh naga. Tangan yang terbuka dalam bentuk kaligrafi tersebut melambangkan undangan dari Tiongkok kepada dunia untuk berbagi kebudayaannya. Merah, warna utama dalam logo, adalah warna yang penting dalam kehidupan masyarakat Republik Rakyat Tiongkok, yang sering diartikan sebagai keberuntungan.

Simbolisasi[sunting | sunting sumber]

Arti dari simbolisasi logo Olimpiade 2008 sebagai berikut:

Batu loncatan

"Dancing Beijing" adalah sebagai batu loncatan untuk Olimpiade. Ditampilkan sebagai bagian dari kisah epik Olimpiade kuno yang terdapat dalam semangat bangsa Tionghoa, logo dilukiskan dalam kaligrafi dengan memasukkan unsur peradaban kuno. Kelihatan sangat sederhana namun memberi kesan mendalam, memperlihatkan perubahan dan pertumbuhan Beijing ke masa yang akan datang serta mencerminkan pemikiran dan emosi bangsa Tionghoa.

Menuju ke Olimpiade 2008, logo akan menarik perhatian lebih dan lebih banyak orang dari seluruh dunia ke Beijing untuk bergabung dalam perayaan besar dengan masyarakat Tionghoa.


Komitmen

"Dancing Beijing" adalah stempel Tiongkok yang dibentuk dengan sebuah komitmen kepada Gerakan Olimpiade dari negara yang memiliki 56 kelompok etnis dan jumlah penduduk 1,3 miliar. Dengan menampilkan semangat Olimpiade dengan perpaduan antara peradaban kuno dan budaya modern, juga menjadi sasaran masa depan Beijing.

Menjadi simbol dari kepercayaan dan keyakinan diri yang ditujukan pada dunia dan seluruh umat manusia.

"Ketulusan yang sempurna dapat memberikan dampak bahkan kepada logam dan batu". Permulaan kebijaksanaan dari nenek moyang dan gambar stempel dibuat dari logam dan batu menjadikan logo Olimpiade 2008 mencerminkan rasa hormat dan kejujuran masyarakat Tionghoa dalam Olimpiade.

Logo juga menunjukkan kepada dunia gambaran besar dari perdamaian, persahabatan, dan kemajuan umat manusia serta hasrat dari gerakan Olimpiade "lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat" untuk seluruh umat manusia.


Image

"Dancing Beijing" menampilkan wujud kota ke masa depan. Sebagai gambaran yang menampilkan cara berpikir masyarakat timur dan karakteristik masyarakat Tionghoa. Hal ini membuktikan keunikan kualitas dan keindahan budaya dari peradaban Tionghoa.

Dengan terinspirasi dari seni tradisional Tionghoa - seni kaligrafi, karakter "Jing" (kata terakhir dari Beijing) dibentuk menjadi bentuk yang menyerupai orang yang sedang menari, mencerminkan cita-cita dari "Olimpiade Baru". Kata "Beijing 2008" juga menyerupai bentuk dari karakter Tionghoa yang ditulis tangan, menggambarkan perasaan masyarakat Tionghoa dalam menyambut Olimpiade 2008.


Keindahan

"Dancing Beijing" memiliki warna kesukaan dari masyarakat Tionghoa. Warna "merah" digunakan dalam logo, mengartikan keberuntungan dan kegembiraan dan arti dari kehidupan.

Merah adalah warna dari 'matahari' dan 'api suci', mewakili kehidupan dan permulaan yang baru. Merah juga menjadi simbol vitalitas dan undangan dari Tiongkok kepada dunia.


Pahlawan

"Dancing Beijing" dipanggil sebagai pahwalan. Fungsi Olimpiade adalah sebagai arena di mana para pahlawan atau ksatria dikenal, mukjizat dibuat dan keagungan diperoleh, dan di mana setiap peserta merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan.

Rancangan yang kuat dan dinamis dari logo adalah puisi hidup yang ditulis oleh seluruh peserta dengan hasrat, kasih sayang, dan antusiasme mereka. Hal ini merupakan janji dari setiap peserta untuk memberikan kekuatan dan kebijaksanaan pada Olimpiade.

Logo memberikan kesukaan pada seni dan pahlawan-pahlawan Olimpiade, yang mendapat inti sari dari semangat Olimpiade, yang menyatukan antara olahraga dan budaya.


Semangat

"Dancing Beijing" memperpanjang patung totem dari bangsa Tionghoa. Bentuk dari orang yang berlari mengartikan keindahan dan kebesaran hidup. Lekukan yang anggun seperti lekukan pada tubuh naga, menjadi jembatan penghubungan antara masa lalu dan masa yang akan datang pada peradaban yang sama; seperti sungai, membawa sejarah lama dan kebanggaan bangsa Tionghoa; seperti urat syaraf, mendenyutkan vitalitas kehidupan.

Beijing yang penuh dengan semangat menatap ke depan untuk menyambut dan menantikan seluruh umat manusia menari bersama di Olimpiade 2008.


Undangan

"Dancing Beijing" adalah sebuah undangan. Tangan yang terbuka pada logo berkata bahwa Tiongkok membuka tangannya untuk menyambut seluruh dunia bergabung dalam Olimpiade, perayaan dari "perdamian, persahabatan, dan kemajuan umat manusia".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]