Loekman Djoyosoemarto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Loekman Djoyosoemarto (5 Desember 1957 – 17 November 2023) adalah seorang politikus Indonesia kelahiran Surabaya, Jawa Timur.[1] Ia merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Pada kelas 4 SD, ia pindah dari Surabaya ke Bandar Lampung. Ia menempuh pendidikan di SD 18 Durian Payung, SMPN 2 Tanjung Karang, SMP Xaverius Metro, SMAN 2 Tanjung Karang, SMAN 1 Tanjung Karang dan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Tanjung Karang. Pada 1983, ia diangkat sebagai PNS di Kabupaten Lampung Tengah.

Ia berkiprah di Dinas Pendapatan Daerah sebagai Kasubsi Penetapan Pajak Daerah. Ia kemudian pindah ke Sekretariat Kabupaten Lampung Tengah. Kala ia ditugaskan di Dinas Sosial Lampung Tengah, ia diangkat menjadi sekretaris Camat Punggur. Ia kemudian menjabat sebagai Kasubag Pendapatan Aparat Pemerintahan Desa. Ia kemudian diangkat menjadi Camat Terusan Nunyai selama 2 tahun. Ia kemudian bertugas di Kecamatan Seputih Agung, dan dipindahkan kembali menjadi Kepala Bagian Otonomi Kampung Sekretariat Pemerintah Daerah Lampung Tengah. Ia kemudian ditugaskan sebagai Kepala Kantor Kesbang Pol dan Linmas, selama 2 tahun.

Pada 2014, ia dipindah ke Kota Bandar Lampung dan ditugasi untuk memegang Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandar Lampung. Pada pemilihan umum Bupati Lampung Tengah 2015, ia maju sebagai Wakil Bupati mendampingi Mustafa selaku Bupati. Pada 2018, ia diangkat menjadi Bupati Lampung Tengah.

Pada 2021, ia mendirikan stasiun televisi lokal bernama LDS TV. Ia tergabung dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Lampung Tengah.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]