Locke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jalan utama di Locke, pada 2006, dengan beberapa toko orang Tionghoa.

Locke, California adalah sebuah komunitas di California, Amerika Serikat yang dibangun oleh para imigran Tionghoa pada awal abad ke-20. Kota ini mulanya dinamai Lockeport sesuai dengan nama George Locke, seorang tuan tanah setempat. Kota ini terletak di daerah pertanian di selatan Sacramento, California, dekat Jalan Raya Negara California 160.

Pada 1915, Pecinan yang terletak di dekat Walnut Grove hancur dan terbakar setelah kecelakaan api yang menyebabkan pindahnya orang-orang Tionghoa ke lingkungan ini. Setelah itu, kota Locke disewa, dihuni dan dibangun oleh orang-orang Tionghoa yang berbahasa Yuehai (sebuah sub-dialek dari bahasa Kanton) dari wilayah Zhongshan di provinsi Guangdong, Tiongkok. Dalam hal-hal tertentu mereka berbeda dengan orang-orang Tionghoa yang berbahasa Toisan. Orang-orang Yuehai ini menciptakan kota mereka sendiri. Tanahnya mereka sewa dari George Locke, karena hukum California pada waktu itu melarang penjualan tanah pertanian kepada para imigran Asia. Banyak imigran Tionghoa yang mengalami diskriminasi yang hebat di kota-kota besar. Locke adalah kota yang sepenuhnya dibangun "oleh orang Tionghoa untuk orang Tionghoa" dan dapat dianggap sebagai sebuah enklaf Pecinan di daerah pedesaan yang khas. Seperti banyak Pecinan lainnya, kota ini mempunyai sekolah berbahasa Tionghoa, toko-toko kelontong, dan restoran-restoran. Karena populasi penduduk Tionghoanya yang relatif besar pada saat itu, partai politik Tiongkok, Kuomintang, pernah mempunyai cabang di Locke.

Namun ironisnya, penduduk Locke sekarang ini pada umumnya adalah orang-orang kulit putih sementara jumlah penduduk Tionghoa-Amerika (yakni keturunan para penghuni asli kota ini) hanya 10 orang. Pada 1940-an dan 1950-an, banyak dari orang-orang Tionghoa-Amerika di Locke, banyak di antaranya telah mendapatkan pendidikan yang lebih baik, mulai bergabung dengan arus utama masyarakat Amerika dan meninggalkan Locke yang daerah pedesaan, lalu masuk ke berbagai suburban yang berkembang di kota-kota besar.

Seorang pengembang yang berbasis di Hong Kong membeli kota ini pada 1977 dan menjualnya pada 2002 kepada Badan Perumahan dan Pembangunan Kembali Sacramento (Sacramento Housing and Redevelopment Agency). Pada 2004, badan ini akhirnya mengizinkan penjualan tanah kepada orang-orang yang pernah tinggal lama di tempat itu. Ada rencana untuk mengubah Locke menjadi suatu proyek pembangunan perumahan dan atraksi wisata. Rencana telah disusun untuk menggunakan dana bantuan negara bagian dan federal untuk mengubah asrama (yang kini dimiliki oleh Departemen Taman Negara California) menjadi museum.

Distrik Sejarah Locke dibatasi di sebelah barat oleh Sungai Sacramento, di sebelah utara oleh Locke Rd., di sebelah timur oleh Alley St., dan di selatan oleh Levee St. Distrin ini dimasukkan ke dalam Daftar Situs Sejarah Nasional pada 6 Mei 1971. Selain itu, tempat ini juga dijadikan National Historic Landmark pada 14 Desember 1990.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]