Liv Tyler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Liv Tyler

Liv Tyler di premier untuk "The Incredible Hulk"
Lahir 1 Juli 1977 (umur 36)
Bendera Amerika Serikat New York City
Pekerjaan Aktris
Tahun aktif 1994-sekarang
Pasangan Royston Langdon
(20032008)

Liv Tyler (terlahir Liv Rundgren lahir di New York City, Amerika Serikat, 1 Juli 1977; umur 36 tahun) adalah seorang aktris Amerika Serikat yang terkenal dalam film Armageddon dan trilogi The Lord of the Rings. Tyler adalah anak dari pasangan Steven Tyler (vokalis grup musik Aerosmith) dan Bebe Buell (penyanyi dan model).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal hidup[sunting | sunting sumber]

Liv Tyler dilahirkan di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City pada tanggal 1 Juli 1977 dengan nama Liv Rundgren. Ibunya, Bebe Buell, adalah seorang model dan penyanyi. Liv Tyler hidup berpindah-pindah bersama ibunya, tantenya Annie di Maine, dan neneknya Dorothea Johnson di Virginia.

Liv tumbuh dengan percaya bahwa Todd Rundgren, kekasih ibunya, adalah ayah biologisnya. Saat berusia 12 tahun, ia mengunjungi konser Aerosmith dan bertemu dengan Mia Tyler, putri dari vokalis Aerosmith, Steven Tyler. Liv terkejut karena Mia mirip dengannya dan membuatnya sangat bingung. Karena rasa penasaran yang mengganggunya, ia terus berusaha untuk bertemu dengan Mia, sampai suatu ketika ia bertanya pada ibunya, "Ia (Steven Tyler) ayahku, ya kan?" Ibunya membawanya duduk bawah pohon, berbicara dan mereka berpelukan sambil menangis selama berjam-jam.

Dua tahun kemudian, ia menambah nama Tyler di belakang namanya menjadi Liv Rundgren Tyler dan dikenal dengan Liv Tyler. Bebe Buell mengambil nama Liv dari seorang aktris Norwegia, Liv Ullman.

Seorang sahabat keluarga dekat, Paulina Porizkova, yang bekerja sebagai seorang model, mengajarinya berdandan dan memaksanya memperbaiki fisiknya. Ketika Liv berusia 14 tahun, Paulina mengirim foto-foto Liv ke berbagai majalah dan agen model. Dalam waktu beberapa bulan, Liv Tyler menjadi seorang model dan kariernya melejit. Beberapa majalah remaja memuatnya, termasuk Seventeen dan Mirabela. Ia juga bekerja sebagai model iklan.

Kebangkitan Liv dimulai ketika ia berusia 16 tahun, ia menjadi model video klip Aerosmith, "Crazy", dan bekerja sama dengan ayah kandungnya, Steven. Walau Liv merasa sangat malu ketika melihat penampilannya yang seksi di situ, tapi ia mendapat jutaan fans dan pemuja dari seluruh dunia.

Sebagai aktris[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1993, ia mulai berkarier di bidang akting dan dua film pertamanya adalah Silent Fall (1994) dan Heavy (1995). Pada usia 17 tahun, Liv membintangi Empire Records (1995).

Terobosan terbesarnya muncul saat ia membintangi Stealing Beauty (1996). Film yang disutradarai oleh Bernardo Bertolluci ini bercerita tentang seorang gadis yang beranjak dewasa yang mencari ayah sesungguhnya. Walau film ini dikritik karena terlalu mengandalkan sensualitas untuk menarik penonton, tetapi film ini mungkin bisa menggambarkan bagaimana pencarian Liv akan ayah sesungguhnya. Film ini menjadikannya aktris besar dan membuatnya memiliki kesempatan bermain bersama aktor-aktor sekelas Tom Hanks dalam That Thing You Do! (1996) dan Bruce Willis dalam Armageddon (1998).

Liv memilih film-filmnya secara hati-hati; ia menghindari film-film berdana besar dan lebih memilih film-film berdana kecil namun lebih berkualitas. Film-film lain yang dibintanginya termasuk Inventing the Abbotts (1997), Cookie's Fortune (1999), Plunkett and Macleane (1999), Onegin (1999), Dr. T and the Women (2000), One Night at McCool's (2001), dan tiga seri The Lord of the Rings (2001-2003) sebagai Arwen Undómiel. Setelah itu ia membintangi Jersey Girl (2004) dan Lonesome Jim (2005).

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Meskipun seorang bintang terkenal, Liv dikenal sebagai seorang wanita yang rendah hati. Ia juga terkenal lembut dan memiliki karisma. Ia berkata bahwa dia berusaha untuk menghindari sifat angkuh.

Liv Tyler tidak menyukai kehidupan "selera tinggi", night club dan pesta-pesta karena ia ingin menjaga kehidupan pribadinya dari sorotan banyak orang. Ia berkata kadang merasa iri dengan kehidupan kampus yang dialami teman-temannya.

Pada 25 Maret 2003, ia menikah secara sederhana dengan musisi asal Britania Raya, Royston Langdon, di sebuah vila di Karibia. Pada 14 Desember 2004 di New York, ia melahirkan seorang anak laki-laki yang diberinya nama Milo William Langdon.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]