Little Tiger of Canton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Little Tiger of Canton
CubTigerFromKawngTung DVDcover.jpg
UK DVD release
Sutradara Chu Mu
Produser Lee Long Koan
Pemeran Jackie Chan
Tien Fong
Distributor 21st Century Film Corporation (USA)
Rarescope (UK)
Tanggal rilis 1973 (Hong Kong)
2007 (DVD)
Durasi 80 menit
Negara Bendera Hong Kong Hong Kong
Bahasa Kantonis

Little Tiger of Canton (Tionghoa: 广东小老虎; Hanzi tradisional: 廣東小老虎; Tionghoa: Guǎngdōng xiǎo lǎohǔ), dengan judul lain, Cub Tiger From Kwang Tung adalah sebuah film drama komedi dari Hong Kong buatan tahun 1973 yang disutradarai oleh Chu Mu dan menampilkan aktor serba bisa Jackie Chan. Ketika membintangi film ini, ia baru berusia tujuh belas tahun (1971), dan film ini dianggap sebagai perannya yang pertama di layar lebar.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuat oleh rumah produksi kecil di Hong Kong dan pernah mengalami penangguhan penayangan setelah dipertontonkan untuk kalangan terbatas, tidak pernah mendapatkan izin untuk diedarkan secara luas.

Pada akhir tahun 1970an, film ini diedit dengan sangat buruk dan dicampurkan dengan adegan dari Dean Shek dan Yuen Siu Tien, dan diedarkan dalam pita video VHS di Amerika Serikat dengan judul Snake Fist Fighter. Kemudian, diedarkan dalam format cakra keping DVD di Amerika Serikat dan Britania Raya dengan judul Master with Cracked Fingers. Versi Region 2 release dari film campurannya siap untuk diedarkan pada bulan Juli 2007, yang kali ini diberi judul Snake Fist Fighter.

Little Tiger of Canton baru saja mendapatkan kesempatan untuk diedarkan di kalangan internasional untuk pertama kalinya. Cakra keping DVD siap untuk diedarkan pada tanggal 25 Juni 2007 dengan judul Cub Tiger from Kwang Tung. Ini adalah film asli terlengkapnya sebagaimana yang diedarkan untuk pertama kalinya di Hong Kong pada tahun 1973, tanpa adanya pengurangan ataupun penambahan adegan.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Secara diam-diam, Jackie belajar seni bela diri, walaupun ayahnya, (Tien Fong) telah melarangnya. Kemudian, beberapa pemilik toko sekitar meminta Jackie untuk melindungi mereka dari ancaman orang-orang (China) yang juga sangat tamak. Jackie menemukan bahwa juragan tanahnyalah dimana ia pernah membunuh ayahnya baik sebelum ataupun sesudahnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]