Lisensi Umum Mozilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lisensi Umum Mozilla
Mozilla Foundation logo.svg
Logo dari Yayasan Mozilla
(Maskot Mozilla)
Penulis Yayasan Mozilla
Versi 1.1
Penerbit Yayasan Mozilla
DFSG compatible Ya[1]
Free software Ya[2]
Disetujui OSI Ya[3]
GPL compatible Tidak[2]
Copyleft Terbatas[4]
Linking from code with a different license Ya

Lisensi Umum Mozilla (Bahasa Inggris: Mozilla Public License, disingkat MPL), adalah sebuah perangkat lunak bebas dan lisensi perangkat lunak sumber terbuka. Versi 1.0 dikembangkan pertama kali oleh Mitchell Baker ketika ia masih bekerja sebagai pengacara pada Netscape Communications Corporation dan versi 1.1 pada Yayasan Mozilla.The Time 100: Mitchell Baker: The "Lizard Wrangler" (Marc Andreessen, Time, 18 April 2005</ref> MPL ditandai sebagai hibridisasi dari Perubahan lisensi BSD dan Lisensi Publik Umum GNU. Andrew M. St. Laurent, Understanding Open Source & Free Software Licensing, pp. 62-63 (O'Reilly 2004)</ref>

MPL adalah lisensi untuk Mozilla Application Suite, Mozilla Firefox, Mozilla Thunderbird dan perangkat lunak Mozilla lainya, MPL telah diadaptasi oleh orang lain untuk perangkat lunak milik mereka, terutama Sun Microsystems, sebagai Common Development and Distribution License atau yang disingkat sebagai CDDL untuk OpenSolaris, versi open source dari sistem operasi Solaris 10, dan oleh Adobe Systems, sebagai lisensi untuk produk Adobe Flexnya.

Ketentuan[sunting | sunting sumber]

Lisensi MPL masih dianggap masih mempunyai kelemahan dalam hak ciptanya. Khususnya, kode sumber yang mensyaratkan disalin atau diubah di bawah MPL harus tetap di bawah MPL.

Isi keseluruhan MPL telah disetujui sebagai lisensi Perangkat lunak sumber terbuka oleh Prawarsa Sumber Terbuka dan sebagai sebuah lisensi perangkat lunak bebas oleh Yayasan Perangkat Lunak Bebas.

Kesesuaian dengan lisensi lain[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti lisensi dengan hak cipta yang kuat, kode di bawah MPL dapat digabungkan dengan Perangkat lunak tak bebas dalam satu berkas komputer program ("Larger Work"). Sebagai contoh, Netscape Navigator 6 dan dirilis kemudian adalah versi berpemilik dari Mozilla Application Suite, dengan menambahkan AIM eksklusif dan bagian lainnya. Memperlakukan MPL file kode sumber sebagai batas antara kode MPL dan bagian eksklusif, yang berarti bahwa sumber file (misalnya, C + +, JavaScript atau file XUL) adalah sepenuhnya baik atau sepenuhnya milik MPL tertentu. GNU GPL, sebaliknya, menggunakan batas proses eksekusi sebagai batas lisensi.

Kesesuaian dengan GPL[sunting | sunting sumber]

Yayasan Perangkat Lunak Bebas mempertimbangkan lisensi sebuah lisensi perangkat lunak bebas, meskipun dengan satu kelemahan yaitu hak ciptanya. Namun, "tidak seperti lisensi X11" (Lisensi MIT) lisensi telah "beberapa pembatasan kompleks" sehingga kompatibel dengan GNU GPL. Mereka mendesak masyarakat untuk tidak menggunakan lisensi karena ketidakcocokan ini kecuali ketentuan dalam bagian 13 dari MPL dilaksanakan untuk menyediakan pekerjaan yang baik di bawah GPL atau GPL-lisensi lain yang kompatibel.

Untuk alasan ini, Mozilla Suite dan Firefox telah berlisensi dibawah lisensi berlapis, termasuk MPL, GPL dan LGPL.[5]

Lisensi berdasarkan MPL[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mozilla Public License (MPL)". The Big DFSG-compatible Licenses. Debian Project. Diakses 2009-06-06. 
  2. ^ a b "Mozilla Public License (MPL)". Various Licenses and Comments about Them. Free Software Foundation. Diakses 2009-06-06. 
  3. ^ "Open Source Licenses". Open Source Initiative. Diakses 2009-11-06.  Text " Open Source Initiative " ignored (help)
  4. ^ Mozilla, MPL FAQ, http://www.mozilla.org/MPL/mpl-faq.html
  5. ^ Mozilla Relicensing FAQ
  6. ^ CePL, version 1.3
  7. ^ ERLANG PUBLIC LICENSE
  8. ^ gSOAP Public License

Pranala luar[sunting | sunting sumber]