Liquid Propulsion Systems Centre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Liquid Propulsion Sistem Centre (LPSC) (Hindi: द्रव नोदन प्रणाली केंद्र) adalah sebuah pusat riset dan pengembangan berfungsi di bawah Indian Space Research Organisation. Ia memiliki dua unit yang terletak di Valiamala, di Thiruvananthapuram Kerala, dan Bengaluru Karnataka. LPSC ditambah dengan ISRO Propulsion Complex di Mahendragiri Tamil Nadu.

LPSC terlibat dalam pengembangan tahap propulsi cair dan kriogenik untuk kendaraan peluncuran dan sistem propulsi tambahan untuk kedua kendaraan peluncuran dan satelit. Kegiatan yang berkaitan dengan tahap propulsi cair, tahap propulsi cryogenic dan sistem kontrol untuk kendaraan peluncuran dan pesawat ruang angkasa dilakukan di Thiruvananthapuram. Fasilitas fabrikasi presisi, pengembangan transduser dan integrasi sistem propulsi satelit dilakukan di Bangalore. Tes perkembangan dan penerbangan bersama dengan perakitan dan integrasi dilakukan di ISRO Propulsion Complex, Mahendragiri di Tamil Nadu.

Pengembangan tahap propelan cair untuk PSLV, sistem kontrol untuk SLV-3, ASLV, PSLV dan GSLV, sistem propulsi satelit termasuk untuk INSAT dan IRS dan produksi transduser tekanan yang dilakukan oleh LPSC untuk India. LPSC telah mengembangkan kriogenik tahap atas untuk geosynchronous satelit Launch Vehicle (GSLV) yang telah berhasil menguji diluncurkan oleh ISRO pada tanggal 4 Agustus 2007.

Direktur LPSC saat ini adalah M. Chandradathan. Dia mengambil alih dari S. Ramakrishnan pada 1 Januari 2013 setelah terakhir diangkat sebagai Direktur VSSC.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Correspondent, Special (January 2, 2013). "Ramakrishnan takes over as VSSC Director". The Hindu. Retrieved 2 January 2013.
  • "Home-History Liquid Propulsion Systems Centre". Retrieved 5 February 2014.
  • "ISRO Centres-Liquid Propulsion Systems Centre". Retrieved 5 February 2014.
  • "Isro's Mahendragiri centre elevated, gets more powers". Retrieved 3 February 2014.